Sebarkan berita ini:

4-gubernur-batikPEKALONGAN[SemarangPedia]  – Pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan UKM berupaya membatu memfasilitasi pengurusan akte pendirian koperasi dengan catatan koperasi tersebut berkomitmen menjadi koperasi yang mandiri.

“Koperasi yang hanya mengandalkan bantuan tidak bakal dimasukkan ke database. Kami bekerja sama dengan Kemenkum HAM untuk memediasi sertifikasi hak cipta dan hak merek tanpa biaya,” ujar Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah RI Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga dalam acara Pekan Batik Nusantara 2016 dalam Rangka Menyambut Hari Batik Nasional VII di Lapangan Jetayu Kota Pekalongan dalam rilisnya.

Menurut Puspayoga, dulu dalam pengurusan memakan waktu hingga enam bulan dengan biaya mencapai Rp 4 juta, namun sekarang sudah tidak lagi terkena biaya dan prosesnya lebih cepat.

“Tapi sekarang pengurus izin hak cipta dan hak merek tidak bayar lagi. Satu produk selesai satu jam tidak perlu berbulan-bulan. Jadi sekarang banyak yang pada antre,” tuturnya.

Sementara, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang ikut mendampingi Menteri Kop dan UKM mengatakan event Pekan Batik Nusantara dengan beragam kegiatan mulai dari pameran hingga belajar membatik, dapat dipakai untuk memromosikan batik.

Menurutnya,  Kota Pekalongan membutuhkan branding mengenai batik sehingga saat orang datang ke kota itu, ada satu tempat tujuan yang bisa untuk melihat batik secara keseluruhan dengan kualitas tinggi, dan menjadi magnet wisatawan.

“Saya siap jadi promoter atau marketer untuk mereka. Sehingga saya seringkali membeli di beberapa tempat untuk saya pakai. Kalau media memfoto dan sebagainya terus dimuat, mereka akan mengklaim ini punyanya. Orang-orang akan bertanya pada saya, ini belinya di mana. Dan saat itu transaksi terjadi,” ujarnya. (RS)

 

67
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>