Sebarkan berita ini:

11-SekdaSEMARANG[SemarangPedia]- Pemerintah Pusat akan mengambil alih dan menuntaskan masalah tapal batas wilayah antara Kabupaten Magelang dan Kota Magelang, jika dalam waktu sepekan kedua daerah tersebut belum bisa sepakat menentukan pilihan.

Sekretaris Derah (Sekda) Provinsi Jateng Sri Puryono mengatakan Tim Penegasan Batas Daerah (PBD) Pusat merekomendasikan empat alternatif, untuk menyesaikan polemik batas wilayah antara Kabupaten Magelang dan Kota Magelang.

Menurutnya, Pemerintah Pusat memberi tengang waktu satu pekan kepada Kabupaten Magelang dan Kota Magelang, untuk bersepakat menentukan pilihan terkait masalah tapal batas itu.

“Masalah batas wilayah ini sudah berproses lama sekali. Hasil rapat pada Kamis lalu (11/8), menyebutkan alternatif yang telah dipilih dirundingkan lagi oleh bupati dan walikota Magelang. Apabila itu tidak tercapai maka diberikan kewenangan kepada Kemendagri. Tetapi ini (penyerahan ke pusat) akan saya hindari, karena kalau itu terjadi akan menunjukan Jateng tidak bisa bermusyawarah,” ujarnya, di Semarang.

Pada rapat sebelumnya, lanjutnya, Tim PBD Pusat menyampaikan kajian mengenai empat alternatif penyelesaian batas daerah Kabupaten dan Kota Magelang sesuai kaidah-kaidah penegasan daerah.

Di mana, seluruh Desa Mertoyudan masuk ke Kabupaten Magelang, batas Kabupaten Magelang dengan Kota Magelang mengikuti Jalan Soekarno Hatta, membagi wilayah New Armada Magelang melalui jalan lingkungan, serta mengikuti jalan bekas kereta api.

“Dari empat alternatif  itu, Kota Magelang memberikan catatan kemungkinan ada kesepakataan lain di dalam alternatif, bukan menambah alternatif. Nah ini kan tidak jalan. Seharusnya alternatif sudah dilakukan dalam waktu 30 hari. Bahkan itu sebenarnya menjadi hak pusat untuk memutuskan tetapi dikembalikan lagi ke daerah,” paparnya. (RS)

175
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>