Sebarkan berita ini:

19-permken-narkobaSEMARANG[SemarangPedia] – Pemerintah diminta segera membentuk tim terpadu guna mengusut dugaan beredarnya permen dengan merek jari-jari mengandung narkoba yang berpotensi dikonsumsi anak-anak .

Anggota Komisi E Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Tengah Karsono mengatakan tim terpadu perlu segera direalisasikan, agar penyebaran permen yang berbahaya bagi generasi muda itu bisa segera tertangani.

Menurutnya, permen dengan merek jari-jari yang beredar di masyarakat cukup meresahkan. Pasalnya, permen warna warni itu mampu mengundang minat anak-anak untuk membeli dan mengkonsumsi berakibat ketagihan dan tertidur selama dua hari.

“Pemerintah harus gerak cepat dengan membentuk Tim Pengawas Terpadu Bahan Berbahaya yang disalahgunakan dalam Pangan melalui Surat keputusan Gubernur Jawa Tengah tahun 2015, dengan susunan keanggotaan terdiri atas unsur SKPD Provinsi serta Balai Besar POM di Semarang,” ujarnya, di Semarang.

Sebagai bentuk pengawasan, lanjutnya, beberapa hal yang harus dilakukan di antaranya penanganan penyelamatan bagi anak-anak yang terkena korban permen jari (jika ditemukan).

“Setelah diuji laboratorium oleh BPOM, jika dipastikan permen tersebut tidak mengandung narkoba, segera lakukan investigasi mencari penyebab terhadap kejadian yang menimbulkan pengonsumsi permen tertidur dua hari,” tuturnya.

Seperti diketahui, permen jari-jari mengandung narkoba itu diimpor dari produsen di kawasan negara di Asia oleh salah satu PT di Jakarta Utara dengan nomor registrasi Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) RI ML 824409085492.

Di Jakarta telah ditemukan permen tersebut, yang mengakibatkan anak yang mengkonsumsi tertidur pulas selama dua hari. Tersebarnya produk makanan untuk anak-anak itu tidak menutup kemungkinan dapat memasuki ke wilayah Jateng lebih luas, apabila pengawasan tidak optimal. (RS)

 

124
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>