Sebarkan berita ini:

9-tasKENDAL[SemarangPedia] –  Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan meminta pemerintah harus serius memberi dukungan penuh kepada aktivitas industri kecil dan kreatif, terutama pada kebutuhan bahan baku, permodalan dan akses pemasaran.

Dukungan pemerintah itu, lanjutnya, sangat dibutuhkan mereka karena hasil karya anak bangsa ternyata memiliki kualitasnya yang mampu bersaing dengan barang impor.

“Hasil karya dari perajin tas di Kendal, misalnya kualitas dan tidak kalah dari produksi impor di antaranya yang didatangkan dari Tiongkok,” ujarnya saat berkunjung ke pengerajin tas di Sentra Industri Tas Kendal (Sintak), Desa Truko, Kecamatan Kangkung, Kabupaten Kendal, Senin. (9/5)

Melihat kualitasnya bagus,  Zulkiflipun dalam kunjungan pesan 2.000 tas sebagai bentuk dukungan pemasaran, untuk PAN pada Rakernas mendatang.

Zulkifli yang juga Ketua Umum DPP PAN menuturkan beberapa kementerian termasuk Kementrian Agama juga bisa andil dengan membeli tas dari Kendal untuk jamaah Haji atau Umroh.

Sementara, Ketua Sentra Industri Tas Kendal (Sintak), Nurkholis  mengatakan persoalan bahan baku dan pemasaran masih menghantui kalangan perajin tas di daerahnya, akibat terbatasnya permodalan.

Dia mengharapkan jika pemerintah memberikan dukungan, dipastikan produk lokal bisa terus bersaing dengan gempuran produk impor yang masuk ke Indonesia.

“Menghadapi MEA, produk China yang masuk di pasar dalam negeri dikenal kualitasnya bagus dan harganya relatif murah, meski perajin lokal dalam memprtoses produksi bahan baku dari China. Ini kelemahan Perajin di berbagai sentra produksi,” ujar Nurkholis.

106
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>