Sebarkan berita ini:

19-Banjir KaligaweSEMARANG[SemarangPedia]- Pemerintah menjajikan akan menuntaskan permasalahan banjir rob (air pasang laut) yang selama ini terjadi rutin di berbagai wilayah di Kota Semarang dan mengakibatkan aktivitas perekonomian terhambat.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengatakan pemerintah siap akan menuntaskan permasalahan rob yang terjadi di sejumlah titik di Kota Semarang, secara permanen.

“Sementara ini, penanganannya masih bersifat darurat agar ruas jalan yang terkena rob bisa dilalui kendaraan pada arus mudik mendatang sesuai perintah Bapak Presiden Jokowi,” ujarnya usai meninjau ruas jalan yang terkena rob di Jalan Kaligawe, Kota Semarang. Minggu. (19/6/2016)

Dia menjelaskan penanganan sementara yang akan dilakukan agar rob tidak mengganggu kelancaran arus mudik di Jalan Kaligawe itu, dengan membangun tanggul setinggi satu meter di sepanjang jalan tersebut.

Menurutnya, pembangunan tanggul di sepanjang ruas jalan tersebut dinilai efektif untuk mengatasi rob dalam jangka pendek hingga setelah Lebaran.

“Pembangunan tanggul itu, seminggu bisa selesai, yang diharapkan  air tidak lagi menggenangi jalan karena kalau air masuk, bisa merusak jalan semakin parah,” tuturnya.

Tidak hanya tanggul, lanjutnya, pemerintah juga akan memanfaatkan 10 pompa untuk menyedot air rob dari jalan untuk dialirkan ke sungai terdekat.

Pompa akan disiapkan sesuai kebutuhan dan enam di antaranya telah tersedia, bahkan sudah difungsikan, sedangkan empat pompa tambahan akan dikirim segera dari Kementeria PU dan Perumahan di Jakarta.

Sementara jalur mudik di berbagai daerah telah siap dilalui kendaraan pemudik, bahkan Basuki sejak H-30 Lebaran, sudah menugaskan semua pejabat Eselon I mulai Dirjen sampai Kepala Badan di Sumatera, Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi untuk mengecek seluruh kondisi jalan raya yang akan dilalui  pemudik.

“Secara umum 90% jalur mudik siap, hanya ada beberapa lokasi yang belum siap,” tuturnya

Di wilayah Jawa Tengah, lanjutnya, pengoperasian jalan tol yang bisa dilalui dari Jakarta sampai Brebes Timur akan memudahkan pemudik. Pemerintah juga menerapkan pembayaran tol terintegrasi, yakni dari semestinya terdapat tujuh pintu pembayaran, kini hanya dioperasikan tiga pintu.

Menurutnya, jalur selatan Jateng pengerjaan jalan lingkar Sumpiuh di Kabupaten Banyumas sudah selesai hingga diharapkan dapat mengatasi kemacetan lalau lintas yang disebabkan dua perlintasan kereta api di wilayah itu.

“Jalan lingkar Sumpiuh yang terkena dua jalan kereta api sekarang sudah rampungjadi. Jalan itu juga segera diresmikan Gubernur Jateng,” ujarnya.

125
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>