Sebarkan berita ini:

25-PemimpinSEMARANG[SemarangPedia] –  Pemprov Jateng meminta Pemerintah Pusat segera mengeluarkan kebijakan regulasi tentang masuknya tenaga asing, sebagai upaya untuk melindungi tenaga kerja dalam negeri, setelah kebijakan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) diberlakukan saat ini.

Wakil Gubernur Jawa Tengah Heru Sudjatmoko mengatakan masuknya tenaga asing di era MEA perlu segera direspons secara cepat dengan mengeluarkan regulasi yang ketat, agar tenaga kerja dalam negeri tidak kalah bersaing.

Menurutnya, upaya pengetatan regulasi tenaga asing itu perlu segera direalisasikan agar tenaga kerja lokal dapat terserap dalam proyek pembangunan di dalam negeri, meski proyek terebut menggunakan fasilitas PMA.

“Harus ada upaya pengetatan regulasi yang tentunya tidak bertentangan dengan komitmen MEA, sehingga diharapkan tenaga kerja lokal terserap dan mampu menekan tingkat pengangguran dan kemiskinan di negeri ini,” ujarnya usai Rapat Koordinasi Nakertrans dan Halal Bihallal di Kantor Disnakertranduk Jateng Jalan Pahlawan Semarang, Selasa (26/7).

Selain regulasi, lanjutnya, penyiapan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam hal ini terkait keterampilan tenaga kerja perlu ditingkatkan secara matang, sehingga mampu bersaing dengan tenaga kerja asing.

“Cepat atau lambat kita harus segera menyiapkan tenaga kerja kita yang memiliki keterampilan, sehingga tidak akan tersingkir oleh tenaga asing,” tuturnya.

Menurutnya, seiring pertumbuhan investasi di Jawa Tengah tidak menutup kemungkinan akan disertai masuknya investor asing, sehingga kondisi itu berpotensi akan disusul masuknya tenaga asing pula.

“Seharusnya, saat investasi tumbuh, tenaga kerja kita juga harus disiapkan untuk terlibat dalam proyek investasi tersebut. Karena, kita belum bisa melakukan itu, paling tidak kita tidak terlambat lagi dengan menyiapkan tenaga yang memiliki keterampilan,” ujarnya. (RS)

121
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>