Sebarkan berita ini:

25-PemimpinSEMARANG[SemarangPedia] -Diklat Kepemimpinan diharapkan bakal melahirkan pemimpin yang mampu membuat perubahan untuk perkembangan ke depan.

Kepala Lembaga Administrasi Negara Adi Suryanto mengatakan desain Diklat Kepemimpinan (Diklatpim) saat ini mensyaratkan adanya project perubahan, mengingat selain negara menginginkan adanya pembentukan kompetensi sebagai pemimpin perubahan, dari proses reformasi birokrasi terdahulu, didapatkan sejumlah fakta program reformasi birokrasi belum sepenuhnya berhasil.

“Perubahan kinerja, kepercayaan publik, kepuasan terhadap pelayanan pemerintah ternyata masih belum memuaskan karena program reformasi birokrasi lebih in what looking atau lebih memperbaiki ke dalam dan evaluasinya lebih dokumentatif,” ujarnya saat acara Pembukaan Diklatpim Tingkat II Angkatan IV di Aula Badan Diklat, Semarang, Senin (25/6).

Menurutnya, ketika sebuah institusi dianggap sudah reform, sementara masyarakat mengatakan belum, perlu kehadiran seorang pemimpin yang mampu melakukan perubahan yang nyata.

Dia menuturkan untuk menyambungkan kehendak rakyat terhadap perubahan kinerja pelayanan publik dalam birokrasi perlu dilakukan serius.

Di samping itu, lanjutnya, desain Diklatpim juga untuk mencetak pemimpin perubahan yang konkret. Karena, banyak pemimpin yang tidak bisa melakukan perubahan dan tidak memberikan solusi atas suatu permasalahan.

“Sebagai pemimpin perubahan, harus mampu mengidentifikasikan masalah organisasi, apa pun yang terjadi dan mencari solusi. Maka setiap pemimpin perubahan dicirikan sebagai orang-orang yang tahu masalah dan mampu mencarikan solusi,” tuturnya.

Dia mengisyaratkan PNS saat ini berada dalam zona kompetitif. Di mana, seorang PNS bisa dilepas dari jabatannya akibat performance-nya yang tidak baik karena tidak mampu melakukan perubahan dalam birokrasi.

“Dengan demikian, jangan merasa jabatan yang diemban merupakan zona nyaman yang seolah-olah akan dijabat seumur hidup,” ujarnya. (RS)

356
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>