Sebarkan berita ini:

14- Proyek gasBLORA{SemarangPedia] – Pemkab Blora aka meminta kepada pemerintah pusat untuk percepatan realisasi pembangunan proyek energi pengaliran gas jargas Blora (city gas), sebagai upaya memenuhi kebutuhan masyarakat rumah tangga di wiyah kabupateng itu.

Kepala Dinas ESDM Blora H Setyo Edy mengatakan selain percepatan realisasi city gas, pemkab juga akan meminta PT Perusahaan Gas Negara (PGN) dapat mengkaji ulang jumlah jaminan pembayaran yang ditawarkan pada warga, maksimal Rp100.000.

Permintaan itu, lanjutnya, disampaikan juga oleh Bupati Blora Djoko Nugroho dalam rakor yang diikuti pejabat Kementerian ESDM Direktorat Jenderal Minyak dan Gas (Ditjen Migas) Sekaryawan, PT Perusahaan Gas Negara (PGN) yang diwakili Timbul Duffy, PT Pertamina Eksplorasi dan Produksi (PEP) Ndirga A Siswono serta perwakilan PT PT Sumber Petrindo Perkasa (SPP) M Alif Candra Mata, Sabtu. (14/5).

Menurutnya, rakor juga memutuskan bupati agar segera mengirimkan surat permintaan percepatan pengaliran jargas kepada pemerintah pusat dalam hal ini Ditjen Migas dan SKK Migas dan surat permintaan keringanan jaminan pembayaran kepada direktur utama PT PGN.

“Semua pihakterkait dalam rakor itu, menyepakati untuk mengalirkan gas bumi bagi jargas Blora secepat mungkin dengan tetap memperhatikan faktor keselamatan,” ujarnya..

Keselamatan, dia menambahkan harus diperhatikan, mengingat potensi kenaikan kadar H2S melebihi ambang batas (5 ppm) pada gas yang dialirkan ke rumah tangga.

Selain itu, lanjutnya, juga disepakati pelaksanaan gas in (trial) pada jargas dilakukan pararel dengan studi HAZOPS terhadap sistem custody transfer dari CPP Gundih ke jargas untuk meminimalisasi risiko fatality.

Sementara Ditjen Migas segera membuat surat penugasan kepada SKK Migas, PT PEP dan PT PGN untuk mempercepat pengaliran gas bagi jargas Blora, menyusul peralatan dipersiapkan untuk pemasangan..

“ Ditjen Migas akan membuat surat penugasan kepada PT PEP dan atau PGN untuk mengadakan peralatan sesuai hasil HAZOPS,” tuturnya.

Dia mengatakan pelaksanaan gas ini (trial) jika terhadi hal yang berisiko tinggi seperti over pressure, kadar H2S tinggi dan lainnya, pengaliran gas egera dihentikan dan secepatnya akan dibuat SOP untuk pengaliran gas bumi jargas (trial).

PT SPP siap melkasanakan tugasnya dalam pembangunan proyek gas jargas Blora jika ada surat penugasan khusus dari Kementerian ESDM cq Ditjen Migas.

Dalam rapat itu, kata Setyo Edy, disepakati juga pelaksanaan rapat lanjutan yang membahas pelaksanaan gas in (trial) jargas Blora hingga diharapkan 2 Juni 2016 sudah bisa direaalisasikan pembanguan energi itu.

127
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>