Sebarkan berita ini:

DEMAK[SemarangPedia] – Bupati  Demak  HM Natsir melounching Aplikasi Pelayanan Terpadu Kecamatan Gajah (Sipandu Mata Gajah), sebagai upaya untuk memudahkan masyarakat dalam pengurusan berkas yang membutuhkan legalitas pejabat berwenang di kecamatan.

“Melalui aplikasi ini masyarakat tidak perlu lagi menunggu lama untuk mendapatkan selembar surat pengantar. Saat ini sudah jamannya berkas administrasinya yang jalan,” ujar Natsir saat melounching aplikasi ini di Balai Desa Banjarsari Kecamatan Gajah, Rabu (12/2).

Menurutnya, Pemkab Demak sangat mengapresiasi aplikasi ini , inovasi dan kreasi ini  merupakan bentuk pertanggung jawaban pemerintah dalam meningkatkan kualitas layanan masyarakat.

Melalui aplikasi ini, lanjutnya, masyarakat tidak perlu lagi menunggu lama untuk mendapatkan selembar surat pengantar. Saat ini sudah jamannya berkas administrasinya yang jalan

“Kalau bisa dipermudah, mengapa harus dipersulit. Kalau bisa dipersingkat, mengapa harus diperlambat?,”tutur Natsir.

Sementara Camat Gajah Drs Agung Widodo MM menuturkan aplikasi ini merupakan upaya memaksimalkan dalam memberi pelayanan kepada masyarakat. Inovasi ini mengintegrasikan pelayanan yang ada di desa dan di kecamatan.

“Selain itu, aplikasi ini juga bertujuan untuk meminimalisir potensi adanya pungutan liar,” tutur Agung

Dalam kesempatan itu, dilakukan simulasi aplikasi “Sipandu Mata Gajah” yang  dipandu Kasi  Pemberdayaan Masyarakat, Istichari.

Dalam simulasi tersebut pemohon surat pengantar kecamatan hanya perlu datang ke balai desa dan menyerahkan kartu keluarga dan KTP untuk dimasukkan dalam data base. Setelah mendapatkan verifikasi dari desa akan disampaikan ke Kecamatan untuk mendapatkan tandatangan elektronik dari Camat.

Selanjutnya, pemohon dapat langsung mencetak surat pengantar di mana saja tanpa harus menunggu lama. (FA/RS)

6
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>