Sebarkan berita ini:

23-pm-belandaSEMARANG[SemarangPedia] – Pemerintah Kabupaten Pekalongan akan merealisasikan kerja sama dengan Pemerintah Belanda di berbagai bidang, sebagai upaya untuk meningkatkan hubungan perdagangan yang diharapkan bisa berkesinambungan ke depan.

Bupati Pekalongan Asip Kolbihi mengatakan kerja sama itu akan diawali dengan melakukan penjajagan kedua belah pihak lebih dulu. Delegasi PM Belanda mulai melakukan kunjungan ke berbagai daerah di Jateng, sedangkan Pemkab Pekalongan berencana akan melakukan kunjungan balik ke Negeri Belanda pada Maret tahun depan.

Dalam kunjungan di Jawa Tengah delegasi Perdana Menteri (PM) Belanda, Mark Rutte yang diterima Gubernur Ganjar Pranowo, di Wisma Perdamaian juga telah meralisasikan kerja sama di berbagai bidang, termasuk penanganan rob di sepanjang pantura.

“Rombongan Pemkab Pekalongan dijadwalkan pada awal Maret 2017 mendatang, berencana akan mengunjungi Belanda dengan menawarkan produk unggulan batik,” ujarnya usai mengikuti pertemuan PM Belanda dan Gubernur Jawa Tengah di Wisma Perdamaian, Selasa (22/11).

Asip menambahkan berbagai kiat stragegi perdagangan telah disiapkan, terutama Pemkab akan gencar menawarkan pasar batik ke Belanda yang dinilai masih pontensial, bahkan motif batik yang ditawarkan mengambil tema nuansa Negeri Kincir Angin sesuai selera konsumen masyarakat Belanda.

“Kita tidak hanya terkenal batik khas Pekalongan saja. Tapi saat  ke Belanda, akan ditawarkan batik yang desainnya nuansa culture masyarakat Belanda,” tuturnya.

Menurutnya, untuk kerja sama lain di antaranya penanganan rob, setelah sebelumnya Pemkab Pekalongan-Belanda telah menjalin kerjasama dengan Roterdam University dan HHSK semacam badan pengelola air di Belanda.

“Kerja sama bentuknya adalah pengembangan teknologi, tata pengelolaan air, tata guna air, manajemen air dan pengembangan sumber daya manusia,” ujarnya.

Rencananya, dia menambahkan Pemkab akan mengirimkan sebanyak 10 orang perwakilan ke Belanda untuk belajar lebih dalam menyangkut tata kelola air, guna upaya pencegahan rob,” paparnya. (RS)

85
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>