Sebarkan berita ini:

25-PemimpinSEMARANG[SemarangPedia]- Pemkab Semarang melalui Dinsosnakertrans terus melakukan pengawasan terhadap tenaga kerja asing (TKA) yang hingga saat ini mencapai 237 orang.

Kepala Dinsosnakertrans Kabupaten Semarang Soemardjito mengatakan, hingga Juli, tercatat sebanyak 237 tenaga kerja asing bekerja di Wilayah Kabupaten Semarang.

Menurutnya, data itu mengacu dari perusahaan-perusahaan berlokasi di Kabupaten Semarang yang mengajukan izin mempekerjakan tenaga asing (IMTA).

“Data kami hanya mencatat WNA yang bekerja di wilayah Kabupaten Semarang. Selain dari pengawasan rutin, data itu juga mengacu pada perusahaan yang mengajukan perpanjangan IMTA (Izin Mempekerjakan Tenaga Kerja Asing) pekerja asingnya,” ujarnya, Kamis (28/7).

Terkait adanya perbedaan data dengan Kesbangpol dan SKPD lain, Soemardjito menuturkan tidak tahu persis perbedaan tersebut, karena, SKPD yang dipimpinnya hanya fokus di pelayanan IMTA dan pengawasan pekerja asing. 

“Kami melakukan pengawasan sesuai kebutuhan, dalam satu tahun bisa lebih dari 100 kali kegiatan pengecekan lapangan,” tuturnya.

Staf Seksi Perluasan dan Penempatan Tenaga Kerja Dinsosnakertrans Kabupaten Semarang Suliyanti menambahkan, dari 237 TKA yang tercatat sudah mencakup 33 pekerja asing telah melakukan perpanjangan IMTA.

“Untuk pekerja dengan cakupan kerja antar kota/kabupaten dalam satu wilayah Jateng maka perpanjangan IMTA ada di provinsi. Demikian juga dengan mereka yang punya wilayah kerja antar provinsi maka perpanjangannya di pusat,” ujarnya. (RS)

176
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>