Sebarkan berita ini:

10-puskemasUNGARAN[SemarangPedia] – Sejumlah Puskemas di wilayah Kabupaten Semarang berupaya akan menerapkan standard pelayanan yang ramah terhadap anak, untuk mewudkan predikat Kabupaten Layak dan ramah terhadap anak, setelah adanya kunjungan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak meninjau Puskemas di wilayah itu.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Yembise  telah meninjau Puskesmas layak anak di Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang belum lama ini dan mengapresiasi Puskemas itu.

“Untuk mendapatkan predikat Kabupaten/Kota layak anak, salah satu indikatornya adalah memiliki Puskesmas yang ramah anak dan diharapkan seluruh Puskesmas ke depan akan memenuhi standar layak anak,” ujar Yohana seperti yang dilansir semaangkab.go.id.

Menurutnya, pemerintah terus akan meningkatkan standar pelayanan Puskemas dengan lebih memperhatikan kondisi anak yang dirawat atau berkunjung, sehingga Puskmes bisa layak dan ramah terhadap anak.

“Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak akan terus mendorong Pemerintah Kabupaten/Kota untuk menerapkan standar layak anak dalam pelayanan di Puskesmas, di antaranya denan menyediakan ruang bermain dan ruang laktasi yang memadai,” tuturnya.

Saat ini Kabupaten Semarang sudah memiliki sembilan Puskesmas layak anak dari 26 Puskesmas yang ada. Puskesmas layak anak yang sudah ada di Kabupaten Semarang di antaranya Puskesmas Ungaran, Susukan, Bandungan, Bergas, Banyubiru, Kalongan, Tengaran, dan Leyangan.

Bupati Semarang, H Mundjirin mengatakan Pemkab Semarang saat ini sudah merencanakan akan menerapkan standard pelayanan tersebut terhadap semua Puskemas yang berperasi di wilayahnya.

“Kita akan teruskan (program itu) sampai 26 Puskesmas yang ada dapat predikat layak dan ramak terhadap anak,”  tuturnya. (RS)

97
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>