Sebarkan berita ini:

4-PELAYANAN ONLINESEMARANG[SemarangPedia] – Pemkab Semarang tahun ini mulai menerapkan pelayanan perizinan secara elektronik (EPerizinan), sebagai upaya untuk memudahkan kalangan pengusaha dalam kepengurusan perizinan usaha di berbagai sektor.

Kepala Badan Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (BPMPTSP) Kabupaten Semarang Valeanto Soekendro mengatakan dengan pelayanan elektronika EPerizinan secara online itu, pemohon izin tidak harus datang ke Kantor

Pelayanan EPerizinan itu, lanjutnya, hanya sebagai pengguna aplikasi, mengingat pembuatan aplikasi ditangani oleh Bagian Pengelolaan Data Elektronik (PDE) Setda Kabupaten Semarang.

“E-Perizinan memudahkan pemohon izin, karena proses awal pengajuan izin tidak harus datang dan antre di Kantor BPMPTSP. Masyarakat maupun pengusaha bisa mengajukan izin dengan mengirim berkas pendaftaran secara online,” ujarnya, Rabu. (4/5)

Menurutnya, sedikitnya 20 jenis perizinan yang akan diujicobakan menggunakan aplikasi E-Perizinan, di antaranya SIUP, TDP, izin prinsip penanaman modal, dan izin perluasan penanaman modal dan lainnya.

Namun, dia menambahkan izin IMB yang masih belum bisa dilakukan secara online, karena sebelum diterbitkan harus membayar administrasi lebih dahulu melalui rekening Bank Jateng.

“Aplikasi ini akan masuk dalam kanal portal Pemkab Semarang melalui situs www.semarangkab. go.id dan layanan ini didukung dengan pendirian konter E-Perizinan di masing-masing kecamatan,” tuturnya.

Aplikasi EPerizinan disesain dengan melibatkan Badan Pengkajian Penerapan Teknologi (BPPT) dan saat ini aplikasi masih dalam proses akselerasi dengan BPMPTSP.

 

208
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>