Sebarkan berita ini:

SEMARANG[SemarangPedia] – Pemkot Semarang bakal membangun jembatan air mancur (Bridge Fountain) yang akan menelan investasi sebesar Rp17 miliar di Banjir Kanal Barat (BKB), sebagai upaya untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Ibukota Jateng ini.

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengatakan jembatan airmancur warna-warni itu akan dibangun di Banjir Kanal Barat dengan biaya yang dialokasikan sekitar Rp17 miliar. Proyek itu kini dalam persiapan lelang.

“Untuk Detail Engineering Design (DED) proyek jembatan itu sudah selesai, hingg disusul persiapan proses lelang dan pekerjaan fisik akan memakan waktu sekitar enam bulan,” ujarnya.

Hendi panggilan akrab Hendrar Prihadi itu menuturkan setelah proyek jembatan itu kunjungan wisata ke Kota Semarang diharapkan meningkat siginifikan, mengingaat saat ini juga tengah dibangun jembata air mancur di Taman Indonesia Kaya yang menempati bekas taman KB di Jalan Menetri Supeno Semarang.

Menurutnya, tahun ini Kota Semarang akan membangun sebuah Bridge Fountain dengan atraksi air mancur warna-warni serupa dan akan menjadi yang pertama di Indonesia yang ditempat di BKB itu.

Pada 2011, lanjutnya, kunjungan wiasayawan ke Kota Semarang tercatat hanya sebanyak 2,1 juta wisatawan, namun dengan berbagai upaya Pemkot akhirnya pada 2017 mengaami peningkatan hingga 5,8 juta wisatawan per tahun.

Dengan pembangunan obyek wisata baru, dia menambahkan pada 2019 mendatang jumlah kunjungan wisatawan setiap tahunnya bisa didorong hingga diharapkan bisa lebih dari 7 juta wisatawan.

Sementara untuk Dancing Fountain (air mancur menari) di Taman Indonesia Kaya yang tengak dikerjakan djadwalkan rampung Mei tahun ini, dan kemdusian disisul Bridge Fountain  di Banjir Kanal Barat yang diproyeksi selesai November mendatang.

Menurutnya, proges pengerjaan air mancur menari di Taman Indonesia Kaya saat ini sudah mencapai 25%. Proyek ini dengan anggaran sekitar Rp3,8 miliar karena lebih banyak yang sifatnya mekanikal dan elektrikal. (RS)

90
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>