Sebarkan berita ini:

25-banjir-mangkang1SEMARANG[SemarangPedia] – Pemkot Semarang mengalokasi dana anggaran senilai Rp100 miliar untuk pembangunan normalisasi Sungai Beringin, Mangkang sebagai upaya mempercepat penangananan banjir di kawasan sekitarnya.

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengatakan Detail Engineering Design (DED) normalisasi Sungai Beringan membutuhkan dana pembangunan sebesar Rp100 miliar, sehingga Pemkot segera mengalokasikan dalam dua tahun anggaran.

“Dari Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) sudah dibuat DED  proyek normalisasi Sungai Beringin, yang selama ini terjadi banjir saat hujan deras,” ujarnya, Selasa. (25/10)

Menurutnya, sungai Beringin yang berada di kawasan Mangkang, Semarang, selama ini pengelolaannya menjadi kewenangan Pemerintah Pusat melalui BBWS Pemali-Juana, termasuk proyek normalisasi sungai.

Namun, lanjutnya, Pemkot berupaya mengambil alih kewenangan melakukan normalisasi Sungai Beringin, sebagai upaya untuk percepatan pelaksanaan proyek, mengingat kondisinya sudah mendesak.

DPRD Kota Semarang juga mengapresiasi pengambil alihan proyek normalisasi Sungai Beringin itu, karena kondisi mendesak agar bencana banjir dapat secepatnya teratasi.

Wakil Ketua Komisi C DPRD Kota Semarang Wachid Nurmiyanto menuturkan normalisasi Sungai Beringin sudah sangat mendesak untuk penanganan banjir di kawasan Mangkang dan sekitarnya, karena selama ini telah menggenangi pemukiman warga.

Bahkan, lanjutnya, beberapa waktu lalu tanggul Sungai Beringin jebol hingga mengakibatkan 1.600 permukiman penduduk yang ada di tujuh rukun warga (RW) di kelurahan Mangkang Wetan, Semarang tergenang banjir.

“Walaupun kewenangannya di BBWS Pemali-Juana, Pemkot Semarang bisa mengajukan permohonan mengambil alih, setelah tanggung jawab dialihkan ke Pemkot, bisa dianggarkan segera pada APBD,” tuturnya.

145
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>