Sebarkan berita ini:

2-pelayanan-informasiSEMARANG[SemarangPedia] – Pemkot Semarang menggelar pemeringkatan  Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID), sebagai upaya untuk memberikan informasi trasparan dan pelayanan prima kepada masyarakat.

Melalui Humas dan Pejabat PPID Sekretariat Daerah Pemkot Semarang, kegiatan pemeringkatan itu juga sekaligus sebagai wujud evaluasi bagi SKPD dan BUMD di jajajaran Pemkot Semarang.

Achyani Kabag Humas Kota Semarang mengatkan hasil pemeringkatan diperoleh SKPD yang memberikan pelayanan informasi terbaik di antaranya Dinas Kesehatan, Badan Kepegawaian Daerah dan Badan Perencanaan Pembanggunan Daerah.

“Penilaian dan pemeringkatan dilakukan pada 67 PPID SKPD dan BUMD. Setiap PPID SKPD dan BUMD diwajibkan mengisi Self Assesment Questione (SAQ) serta menyediakan informasi wajib pada website SKPD,” ujarnya.

Kriteria penilaian, lanjutnya, dilihat dari aktifnya SKPD maupun BUMD menyediakan infromasi dasar melalui alamat web dan medsos yang di antaranya, tugas pokok dan fungsi (tupoksi), struktur organisasi, data pelayanan informasi anggaran dan menaggapi respon masyarakat.

“Ini bisa menjadi pendorong bagi masing-masing SKPD untuk memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat,” tuturnya.

Atasan PPID Kepala Dinas Kesehatan, Widoyono, menuturkan mengapresiasi pemeringkatan dan pihaknya akan terus memperbaiki pelayanan informasi dan senantiasa menampung seluruh kritik, saran, masukan dan apresiasi yang diberikan masyarakat.

“Keterbukaan informasi penting untuk mengetahui seberaba jauh pelayaan yang didiberikan , guna perbaikan kinerja pelayanan kesehatan di Kota Semarang sesuai dengan amanat UU Keterbukaan Informasi Publik,” ujarnya.

Sementara, Sekda Kota Semarang, dan atasan PPID, Adi Tri Hananto juga mengapresiasi pemeringkatan, dan pihaknya akan mendorong terus optimalisasi pelayanan PPID pada seluruh SKPD dan BUMD. (RS)

73
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>