Sebarkan berita ini:

22-pasar-waruSEMARANG[SemarangPedia] –  Pemkot mulai merealisasikan pembangunan fisik lapak sementara awal pekan ini untuk pedagang Pasar Waru korban kebakaran yang terjadi Jumat pekan lalu dan lapak dibangun di Jalan Sawah Besar XIII di depan Pasar Waru.

Pembangunan lapak yang direalisasikan dengan anggaran darurat bencana dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Semarang akan dipercepat agar para pedagang bisa melakukan aktivitas perdagangan kembali.

Kepala Dinas Pasar Trijoto Sardjoko mengataka dalam insiden kepabakaran pekan lalu terdapat sekitar 10 kios dan 404 los yang terbakar deng an ditempati 350 pedagang dan 150 bakul pancakan (di luar los dan kios), hingga total mencapai 517 pedagang.

Menurutnya, sebelumnya Blok E pasar itu yang ditempati pedagang sembako telah direnovasi, sedangkan lain dibuatkan lapak darurat di Jalan Sawah Besar XIII dan sisi utara pasar yang terbakar.

Dia menuturkan terdapat belasan los yang bisa digunakan di Blok E itu. Namun, bangunan tersebut belum diserahkan oleh kontraktor kepada Pemkot Semarang, sehingga bentuk lapak belum boleh dirubah.

Selain itu, dia mmenambahkan untuk pembangunan lapak darurat ditargetkan bisa rampung tiga pekan ke depan, menginghat tidak ada lokasi lain, lapak dibangun di Jalan Sawah Besar XIII.

’’Ukuran lapak itu hanya 1,5×1,75 meter persegi dibangun dengan nggarannya sekitar Rp 1 miliar. Bagi pedagang yang memiliki tiga-empat lapak, tinggal menyesuaikan seiring dengan pendataan tengah dilakukan,’’tuturnya.

Anggota Komisi B DPRD Kota Semarang Joko Susilo meminta pembangunan lapak tidak perlu ditunda dan harus dipercepat, karena anggaran untuk darurat bencana sudah tersedia.

Setiap tahun, lanjutnya, telah dianggarkan Rp 10 miliar, namun tahun ini baru terserap Rp 900 miliar. Pencairan dana untuk pembuatan los darurat Pasar Waru juga tidak dipersulit. (HN/RS)

75
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>