Sebarkan berita ini:
Ilustrasi
Ilustrasi

SEMARANG[SemarangPedia] – Pemerintah Kota Semarang menyiapkan dana tanggap darurat untuk mengantisipasi kejadian bencana, ditengah cuaca ekstrem yang terjadi dalam beberap pekan ini.

Wakil Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu mengatakan dana tanggap darurat ini sebenarnya sudah ada di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Semarang. Namun, ada mekanisme untuk penggunaan dana tersebut.

“Persoalannya, ada beberapa kategori bencana yang melibatkan ranah dinas lain, seperti pohon tumbang yang mengakibatkan jatuh korban tentunya masuk ke ranah Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP),” ujarnya, usai melakukan takziah di kediaman Ali Rosidi, warga Jalan Kenconowungu Raya, Semarang, yang meninggal dunia akibat tertimpa pohon asam yang tumbang, Senin. (10/10)

Ita panggilan akrab Hevearita Gunaryanti Rahayu itu menuturkan kalau ada kejadian pohon tumbang yang mengakibatkan korban, harus diberikan bantuan, seperti tali asih, dan sejenisnya. Namun, DKP masih bingung karena beralasan tidak ada anggaran.

Selama ini, lanjutnya, belum ada koordinasi yang baik antardinas dalam menghadapi bencana semacam itu, seperti DKP dan BPBD terkait bantuan kepada korban yang tertimpa pohon tumbang.

“Kan sudah ada dana tanggap darurat yang dialokasikan. Dalam kaitan ini, DKP sebenarnya bisa meminta kepada BPBD untuk memberikan tali asih, dan semacamnya. Jadi, tidak saling lempar,” tuturnya.

Melihat kondisi itu, Ita telah mengumpulkan seluruh jajaran terkait, mulai sekretaris daerah, DKP, tata pemerintahan, BPPD, satpol pamong praja (PP), dan Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD).

“Kami kumpulkan semuanya untuk kesiapan dana tanggap darurat selama tiga bulan ke depan yang sudah dialokasikan di tahun anggaran ini dan secepatnya dilakukan koordinasi antardinas terkait,” ujarnya.

Menurutnya, peraturan Walikota menyebutkan terkait dana darurat sebenarnya sudah ada terkait penggunaan dana Itu. Hanya koordinasi antardinasnya yang belum berjalan baik. (RS)

51
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>