Sebarkan berita ini:

23-padSEMARANG[SemarangPedia] – Pemprov Jateng terus berupaya mengoptimalkan pendapatan asli daerah (PAD) dengan melakukan jemput bola mendatangi obyek pajak maupun wajib pajak (WP) secara baik dan santun.

Kepala Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Aset Daerah (DPPAD) Provinsi Jawa Tengah Hendri Santosa mengatakan pihaknya terus berusaha untuk dapat meningkatkan pemasukan pendapatan asli daerah (PAD) dengan sistem jemput bola.

Menurutnya,  dalam meningkatkan pemasukan PAD dari sumber pajak kendaraan bermotor petugas dengan mendatangi objek pajak hingga ke tingkat paling bawah dengan memebrikan penjelasan.

“Kita lakukan dengan cara door to door sampai ke desa-desa di setiap kecamatan. Istilahnya kita melakukan jemput bola ke setiap pemilik kendaraan. Karena banyak sekali masyarakat desa sekarang ini yang memiliki kendaraan, tapi masih kurang dalam kewajiban membayar pajak. Tentunya kita melakukan dengan cara yang baik dan santun,” tuturnya, di Semarang.

Sebelumnya, Wakil Gubernur Jawa Tengah Heru Sudjatmoko meminta pejabat dan staf Unit Pelayanan Pendapatan dan Pemberdayaan Aset Daerah (UP3AD) se-Jateng, untuk bisa mengenali potensi-potensi yang bisa digunakan untuk meningkatkan PAD.

“Sebagai garda terdepan dalam pelayanan publik untuk meningkatkan pendapatan di daerah, UP3AD harus berupaya dengan kreatif guna memperoleh PAD dari pajak kendaraan atau sumber-sumber pajak masyarakat lainnya dan berdayakan aset-aset secara optimal agar mampu menyumbangkan PAD,” ujarnya.

Inovasi meningkatkan PAD, lanjutnya, mutlak diperlukan, sehingga pengenalan setiap potensi-potensi yang bisa digunakan dalam meningkatkan pemasukan PAD harus dioptimalkan.

“Saat ini yang kontribusi paling besar dari Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan bea balik nama. Namun, di luar itu masih banyak yang bisa dijadikan sumber pemasukan. Tinggal bagaimana caranya, itu yang harus digali,” tuturnya.(RS)

149
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>