Sebarkan berita ini:
Ilustrasi
Ilustrasi

SEMARANG[SemarangPedia]  – Pemprov Jawa Tengah siap akan mengambangkan usaha Toko Tani Indonesia di berbagai daerah, sebagai upaya untuk memotong mata rantai distribusi dan keterjangkauan harga pangan yang selama ini terus melambung.

Pemprov melalui Badan Ketahanan Pangan (BKP) Jawa Tengah kini tengah menyiapkan program usaha Toko Tani Indonesia yang akan dikembangka di berbagai daerah di provinsi ini, sekaligus untuk menekan gejolak harga pangan.

Kepala Badan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Tengah, Withono mengatakan di Jawa Tengah sudah terdapat sebanyak 185 titik Toko Tani Indonesia dengan bantuan modal dana Rp200 juta untuk subsidi, biaya transportasi dan packing.

“Aktivitas Toko Tani Indonesia itu, sebagai upaya untuk memutus mata rantai distribusi agar tidak seamkin panjang dan menjamin pembelian dari gabah hasil produksi petani bisa di atas harga pembelian pemerintah dan konsumen memperoleh harga yang standar relatif lebih murah,” ujarnya  Sabtu (27/8).

Menuruynya, untuk beras kualitas premium di jual di berbaga Toko Tani Indonesia hanya seharga Rp7.500 sampai Rp7.900 per kg, lebih murah disbanding yang diperdagangkan sejmlah pertokoan lainnya yang mencapai sebesar Rp9.000 hingga  Rp9.500 per kg.

Dana bantuan subsidi, lanjutnya, sebesar Rp200 juta itu untuk subsidi biaya transport dan packing, sehingga mata rantai distribusi dapat dipotong, trasnport-nya dan packing dibantu pemerintah, sehingga konsumen mendapatkan harga relatif lebih murah dengan kualitas bisa terjamin.

Dia menuturkan dengan aktivitas Toko Tani Indonesia masyarakat akan lebih mendapatan kebutuhan pangan dengan harga terjangjau, sekaligus gejolak harga panagan di pasaran bisa lebih ditekan dan terkendali. (RS)

160
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>