Sebarkan berita ini:

7-GubernurSEMARANG[SemarangPedia] – Pemprov Jawa Tengah akan mengoptimalkan pendataan terhadap Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), sebagai upaya skema pengembangan,  mengingat pelaku UMKM itu hanya tercatat 105.000 unit dari total jumlahnya mencapai 7,8 juta yang beroperasi di provinsi ini.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan hingga saat ini hanya 105.000 UMKM yang masuk dalam database, meski jumlah UMKM di Jawa Tengah saat ini mencapai 7,8 juta unit,  sehingga kabupaten/kota perlu segera melakukan pendataan dan dimasukan ke dalam database.

“Jateng perlu mengoptimalkan pendataan UMKM lebih dulu, sehingga Bupati/Walikota bisa segera memberikan data yang detail untuk bisa masuk tercatata dalam pendataan, itu sudah cukup,” ujarnya. di Semarang.

Disamping itu, lanjutnya, dengan pengoptimalkan data, skema pengembangan usaha UMKM dapat lebih difokuskan sesuai dengan kebutuhan modal yang mereka terima.

“Jika semua UMKM di Jawa Tengah masuk dalam database, maka bantuan-bantuan untuk perkuataan modal UMKM bisa langsung diterima oleh para pelaku usaha kecil itu yang benar-benar membutuhkan,” tuturnya.

Di Jawa Tengah banyak skema pengembangan UMKM yang diprogramkan oleh berbagai stakeholder. Misalnya, BNI dengan E-Commerce-nya, BRI melalui kelompok tani, Bank Jateng dengan Mitra Jateng 25 dan 02, dan KUR program pemerintah pusat dengan suku bunga kredit 9%. Skema-skema tersebut ke depan dapat diberikan oleh UMKM dengan tepat sasaran dan tidak saling tumpang tindih.

Ganjar menambahkan, pemberian bantuan kepada UMKM akan difokuskan untuk wilayah-wilayah kemiskinan di Jawa Tengah. Hal itu, mengingat saat ini masih ada 15 kabupaten yang nilai rata-rata kemiskinan masih tinggi.

“Diaharapkan di daerah miskin bisa kita entaskan, pengusahanya bisa hidup. Mereka kemandirian ekonominya bisa terjamin,” ujarnya. (RS)

 

 

73
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>