Sebarkan berita ini:

25-Ganjar PSEMARANG[SemarangPedia]  – Pemprov Jawa Tengah dipastikan bakal memberikan bantuan tunai langsung berupa uang Rp250.000 per bulan kepada penerima bantuan berkategori miskin yang tidak dicover Kementerian Sosial RI.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan bantuan tunai langsung itu diprioritaskan kepada warmis non produktif, penyandang cacat, maupun difable mencapai Rp9 miliar.

“Kami mau lounching program ‘Jateng Sejahtera’. Progam itu untuk menjamin warmis yang tidak tercover pemerintah pusat untuk dikasih duit jaminan kesehatan dan jaminan makan,” ujarnya, Kamis (25/8).

Dalam waktu dekat, lanjutnya, program bantuan tunai langsung yang dinamakan “Jateng Sejahtera” segera dilauncing, sebagai upaya untuk menjamin 12.600 kepala keluarga.

“Ini biasanya cacat, nggak bisa bergerak setelah kami data se-Jateng hanya butuh dana Rp9 miliar dan kita masih membutuhkan dan terus mengupayakan danyanya. Tahun depan sudah saya anggarkan,” tuturnya.

Dia menuturkan bantuan langsung tunai yang akan diberikan warmis non produktif karena layak untuk diberikan. Sebab, dari sekian warmis non produktif itu tidak terdeteksi pemerintah pusat.

“Penyebabnya ya memang tidak terjamin oleh semuanya. Wong itu mohon maaf, mereka cacat, mereka lumpuh ada yang tidak terdeteksi. Pendataan rakyat miskin sudah masuk tapi tidak tercover,” ujarnya.

Selain program itu, dia menambahkan diberikan pula kepada warga miskin yang non produktif yang tidak mampu membayar premi BPJS, dan tidak mampu untuk memberi bahan pokok makanan mereka sehari-hari.

“Jadi untuk membayar premi BPJS nggak mampu, untuk membeli beras nggak mampu jadi itu warga miskin yang tidak produktif,” paparnya.

Menurut Ganjar, anggaran langsung bersumber dari anggaran program senilai Rp9 miliar, bukan mengurangi pagu bansos. “Nggak (bansos) kita anggarkan dari negara,” tuturnya. (RS)

73
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>