Sebarkan berita ini:

10-veteranSEMARANG[SemarangPedia] – Pemerintah Propinsi Jawa Tengah merealisasikan pemberian tali asih kepada 35 veteran, sebagai bentuk penghormatan terhadap jasa para pejuang kemerdekaan.

Sekretaris Daerah (Sekda) Propinsi Jawa Tengah Sri Puryono mengatakan pihaknya memberikan tali asih kepada 35  veteran perang memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia.

Meski nilai tali asih tidak besar, lanjutnya, Pemerintah Provinsi akan terus mengupayakan agar para veteran di wilayah Jawa Tengah bisa terus mendapatkannya sebagai pengingat jasa mereka.

“Ini merupakan penghargaan pemerintah walaupun tidak besar. Tapi jadi pengingat kita bahwa pahlawan kita telah berjasa dengan jiwa, raga, disertai tumpahan darah untuk memperjuangkan kemerdekaan negeri ini,” ujarnya pada upacara Peringatan Hari Pahlawan tingkat Provinsi Jawa Tengah, di halaman Kantor Gubernur Jateng, Jalan Pahlawan Semarang, Kamis. (10/11)

Puryono berpesan agar generasi muda menghayati dan mengamalkan yang sudah diwariskan para pahlawan, untuk ikut membangun Indonesia dan  diharapkan negeri ini menjadi bangsa yang tangguh dan unggul.

“Tidak boleh Bangsa Indonesia jadi bangsa yang loyo. Kita harus lebih dari negara lain. Bung Karno pada 1956 sudah mewariskan Tri Sakti Bung Karno. Berdaulat di bidang politik, berdikari di bidang ekonomi, dan berkepribadian dalam kebudayaan. Jika kita terjemahkan semua, itulah sikap tegas kita. Itu yang harus kita junjung,” tuturnya.

Sugito (90) salah seorang veteran yang menerima tali asih merasa bangga meski bantuan yang diterima nilainya tidak besar. Namun, menurutnya, tali asih yang diberikan merupakan bentuk perhatian pemerintah atas perjuangannya mempertahankan merah putih.

“Kami mengucapkan terima kasih atas perhatian pemerintah. Saya bangga, dan terima kasih,” ujarnya usai menerima tali asih.

Usai upacara di halaman Kantor Gubernur, Sekda Sri Puryono langsung menuju Taman Makam Pahlawan (TMP) Giri Tunggal Semarang, mengikuti upacara tabur bunga. Bertindak sebagai pemimpin upacara di TMP Giri Tunggal adalah Pangdam IV/ Diponegoro Mayjen TNI Jaswandi. (RS)

74
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>