Sebarkan berita ini:

19-arsipSEMARANG[SemarangPedia] – Pemprov Jateng tengah menggodok Rancangan Peraturan Gubernur (Rapergub) untuk petunjuk pelaksanaan (Juklak) Peraturan Daerah (Perda) No 1/2015 tentang Penyelenggaraan Kearsipan di provinsi ini, sebagai upaya untuk mendukung tata kelola pengarsipan dan kepustakaan,

Kepala Badan Arsip dan Perpustakaan Jateng SP Andriani S mengatakan Rapergub yang sedang dimatangkan itu, meliputi beberapa bab ruang lingkup.

Menurutnya, naskah bab terdiri dari pengelolaan arsip dinamis, pengelolaan arsip statis, pelaksanaan sistem informasi kearsipan dinamis (SIKD) dan jaringan informasi kerasipan daerah (JIKD). Selain pemberian penghargaan, juga sanksi administrasi, hingga pembinaan dan pengawasan aparatur.

“Untuk detail teknis terperincinya, seperti pengelolaan arsip dinamis meliputi pembuatan naskah dinas mulai dari konsep naskah hingga penandatanganan. Disamping juga ada penggunaan arsip dinamis aktif dan inaktif, serta penyusutan arsip,” ujarnya, di Semarang.

Sementara, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengapresiasi langkah badan arsip Jateng yang telah menyusun Rapergub.

Menurutnya, Rapergub tersebut sangat penting  untuk mendukung tata kelola pengarsipan dan kepustakaan, sehingga badan arsip diminta segera menindaklanjuti.

“Soal pembinaan dan pengawasan ini menarik, karena berkaitan dengan performance aparaturnya. Misalnya, sudah ada perintah mewajibkan, pelaksanaan dengan kinerjanya yang bakal berpengaruh pada reward and punishment, seperti pemberian TPP,” tuturnya. (RS)

167
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>