Sebarkan berita ini:

5-Pemertiksa hewan kurbanSEMARANG[SemarangPedia] – Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jawa Tengah telah menginstruksikan dinas terkait di kabupaten/kota untuk segera melakukan pengecekan dan pemeriksaan hewan kurban di wilayahnya, sebagai upaya untuk meningkatkan kewaspadaan akan timbulnya penyebaran penyakit hewan kurban, menjelang hari raya Idul Adha.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jawa Tengah Agus Wariyanto mengatakan pihaknya telah melakukan pengecekan kesehatan ternak di tingkat kabupaten/kota menjelang Hari Raya Idhul Adha tahun ini.

Menurutnya, pengecekan dan pemeriksaan hewan ternak kurban meliputi sapi dan kambing, bahkan kini telah bekerja sama dengan perguruan tinggi.

“Pada H-14 Hari Raya Idhul Adha, kami berikan obat cacing pada hewan kurban, karena ternak banyak mengonsumsi rumput di lapangan yang berpotensi adanya  telur-telur cacing yang mungkin ikut termakan ternak,” ujarnya, di Semarang, Selasa (6/9).

Sebelumnya, Dinas Pertanian Kota Semarang melakukan uji kesehatan hewan kurban di sejumlah penjual hewan kurban di Kota Semarang menjelang Hari Raya Idul Adha.

Sejumlah tempat penjualan hewan kurban  di antaranya di wilayah Manyaran, satu per satu  hewan kurban baik sapi maupun kambing, tidak luput dari pemeriksaan dokter hewan.

Hal yang sama juga dilakukan oleh Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Kabupaten Semarang dengan menerjunkan langsung sejumlah dokter hewan untuk memastikan terhadap kesehatan hewan kurban di tempat penampungan. (RS)

 

69
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>