Sebarkan berita ini:

SEMARANG[SemarangPedia] – Pemprov Jawa Tengah memperoleh dana insentif daerah dari Pemerintah Pusat untuk tahun anggaran 2017 dari APBN sebesar Rp 950,2 miliar,  sebagai penghargaan atas kinerja yang baik.

Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jawa Tengah Muhson mengatakan kinerja baik itu, diukur dari laporan keuangan pemerintah daerah tahun anggaran 2015, ketepatan waktu dalam penetapan APBD 2016, kesehatan fiskal dan pengelolaan keuangan daerah serta pemberian pelayan dasar publik di bidang pendidikan, kesehatan, penyediaan air minum, dan sanitasi yang baik.

Total dana insentif sebesar Rp 950,2 miliar, lanjutnya, terdiri dari dana insentif untuk Provinsi Jateng sebesar Rp 50,2 miliar, dan untuk 22 kabupaten/ kota sebesar Rp 900,2 miliar.

“Penghargaan yang diberikan diharapkan dapat memacu daerah untuk mempercepat pembangunan, meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya dalam acara Penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) APBN Tahun Anggaran 2017, di Grhadhika Bhakti Praja, Jalan Pahlawan Semarang, Selasa (20/12) .

Dia mengingatkan agar seluruh pengguna anggaran satuan kerja melakukan pengawasan dan pengendalian, sehingga amanat yang tertuang dalam DIPA dapat dilaksanakan semua.

“Langkah awal untuk percepatan penyerapan anggaran, perlu dilakukan lebih terstruktur dari tahun sebelumnya dengan cara mempercepat pengadaan barang dan jasa,” tuturnya.

Menanggapi permintaan percepatan itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan pekerjaan infrastruktur, sudah beberapa tahun ini Pemprov Jateng memulai lelang pada Desember, sehingga, awal tahun sudah bisa dikerjakan.

“Kita sudah sekian tahun, untuk pekerjaan infrastruktur, kita mulai lelangnya bulan ini (Desember). Sehingga tahun depan sudah mulai bekerja lebih awal. Paling-paling hanya mengatur cuaca. Maka tidak berhenti di penghujung. Seluruh dokumen kita kejar, agar kegiatan awal tahun bisa berjalan dengan baik,” ujarnya. (RS)

91
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>