Sebarkan berita ini:

SEMARANG[SemarangPedia] – Pemprov Jateng menyambut positif rencana Pemerintah Pusat yang akan membentuk Balai Pengawas Obat dan Makanan (Balai POM) hingga tingkat kabupaten/kota di seluruh Indonesia, untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan menunjang pengawasan peredaran makanan dan obat-obatan.

Wakil Gubernur Jateng Heru Sudjatmoko mengatakan keberadaan BPOM hingga tingkat kabupaten/kota sangat penting untuk pengawasan peredaran makanan dan obat-obatan di tengah masyarakat.

Menurutnya, Balai POM berkewajiban melakukan pembinaan dan terus mengawasi peredaran bermacam produk obat dan makanan.

“Kami mendukung rencana adanya BPOM di kabupaten/kota. Dengan adanya kemitraan BPOM dengan Pemerintah Kabupaten dan Kota, diharapkan masyarakat akan lebih terlindungi dari maraknya peredaran obat dan makanan illegal, serta pelayanan kepada para pelaku usaha obat tradisional maupun makanan semakin prima,” ujarnya, di Semarang.

Heru menambahkan keberadaan Balai POM di kabupaten/kota diharapkan pengawasan terhadap peredaran makanan dan obat-obatan akan lebih intensif.

“Selain itu, para penghusaha yang bergerak dibidang makanan dan obat-obatan dapat terbina dengan baik, sehingga produknya bermutu, berkhasiat, aman, dapat memenuhi standar, dan bisa diekspor,” tuturnya.

Di sisi lain, lanjutnya, fungsi Balai POM sangat vital seiring berkembangnya industri obat tradisional di wilayah Jawa Tengah baik skala besar maupun UMKM. Karena produksi obat-obat tradisional yang memenuhi standart kualitas dan mutu harus melalui pengawasan Balai POM.

“Kebutuhan obat semakin meningkat. Kondisi ini berdampak pula pada sektor ekonomi, karena dengan berkembangnya industri obat tradisional baik skala besar maupun UMKM tidak hanya mampu menyerap tenaga kerja, namun juga penggunaan hasil pertanian khususnya komoditas rempah-rempah. Untuk mengawasi kualitas itu diperlukan peran Balai POM,” paparnya. (RS)

184
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>