Sebarkan berita ini:

22-perdaSEMARANG[SemarangPedia] – Pemprov Jateng telah menyiapkan pembahasan penyusunan tiga peraturan gubernur (Pergub), sebagai upaya untuk menindaklanjuti penataan Struktur Organisasi Tata Kerja (SOTK) dan amanat Perda Pembentukan dan Susunan Organisasi Perangkat Daerah (PSOPD).

Tiga Pergub meliputi tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) Satuan Kerja Perangkat Dinas (SKPD), Tupoksi cabang, dan Dinas serta Pergub yang mengatur Unit Pelaksana Teknis (UPT).

Pergub juga akan dijadikan dasar penggabungan bidang atau bagian antara SKPD yang telah ditetapkan penggabungannya dalam Perda yang telah disyahkan DPRD beberapa waktu lalu.

Kepala Biro Organisasi dan Kepegawaian (Orpeg) Pemprov Jateng Sudaryanto mengatakan tiga pergub dijadwalkan rampung tiga bulan setelah Perda diberlakukan pada pertengahan dan paling lambat Desember mendatang selesai.

Menurutnya, tahap penyusunan telah dilakukan sosialisasi, selain segera digelar diskusiyang  melibatkan stakeholder dan akademisi pada Senin pekan depan.

“Setalkh Pergub Jadi segera bisa dilakaukan pelantikan untuk para pejabat baru dan esekutif hanya berwenang membahas penggabungan bidang atau bagian antar SKPD, sedangkan penataan SDM merupakan kewenangan Badan Kepegawiaan Daerah (BKD),” ujarnya, Kamis. (22/9)

Perda PSOPD dan pembahasan antara Biro Orpeg dan Pansus PSOPD terdapat 29 SKPD serta biro yang digabung menjadi 18 SKPD, sedangkan personil asisten yang semula empat menjadi tiga, jumlah biro semula 12 menjadi delapan.

Dia menuturkan untuk Bakorluh dan BPBD juga masih menunggu Pergub. Sesuai Pasal 13 Perda PSOPD, Sekretariat Badan Penanggulangan Bencana dan Badan Koordinasi Penyuluhan tetap melaksanakan fungsinya hingga terbentuk perangkat daerah yang baru. (RS)

118
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>