Sebarkan berita ini:

14-lahan pertanian diperluas1SEMARANG[SemarangPedia] – Pemprov Jateng sepakat akan mendorong dan melindungi aktivitas para petani di berbagai daearah, menyusul diterbitkan Perda untuk pemberdayaan para petani di provinsi itu.

Wakil Gubernur Jawa Tengah Heru Sudjatmoko mengatakan pada prinsipnya Pemprov setuju dengan rancangan pembentukan perda yang berterkaitan dengan perlindungan petani.

“Dalam penyelenggaraan pembangunan pertanian, petani memiliki peran sentral dan memberikan kontribusi besar. Namun, di sisi lain, petani mempunyai posisi lemah dalam memperoleh sarana produksi, pembiayaan usaha tani, dan akses pasar,” ujarnya, Jumat. (29/7)

Dengan demikian, dia menambahkan diperlukan upaya untuk melindungi sekaligus memberdayakan melalui penerbitan Peraturan daerah (Perda).

Menurutnya,  Jateng merupakan Provinsi penyangga pangan nasional, sehingga sudah selayaknya pembangunan pertanian merupakan prioritas utama guna meningkatkan pemenuhan swasembada dan kedaulatan serta ketahanan pangan.

Sejumlah kebijakan strategis, lanjutnya, dapat memberikan perlindungan kepada petani yang diatur dalam Perda di antaranya penyediaan lahan pertanian, kepastian usaha, ganti rugi gagal panen akibat kejadian luar biasa.

Selain itu, juga sistem peringatan dini dan penanganan dampak perubahan iklim, asuransi pertanian, serta bantuan dan subsidi.

Dia menuturkan untuk pemberdayaan petani, beberapa kebijakan strategisnya seperti memberikan pendidikan dan pelatihan, pendampingan penyuluh, bantuan pengembangan dan sarana pemasarana hasil tani sangat diperlukan.

Tidak hanya itu, dia menambahkan konsolidasi, jaminan luas lahan pertanian, kemudahan akses pengetahuan, teknologi dan regenerasi petani serta penguatan kelembagaan petani juga sangat dibutkan mereka.

Seperti diketahui, Rancangan Perda terkait perlindungan dan pemberdayaan para petani, sudah melalui pembahasan pada Komisi B DPRD Jateng yang membidangi masalah pertanian.

Mereka juga telah membentuk Panitia Khusus (Pansus) terkait pembahasan Raperda tersebut. (RS)

107
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>