Sebarkan berita ini:

31-PenambanganSEMARANG[SemarangPedia] –  Pemprov Jawa Tengah merealisasikan 81 pengajuan izin operasional sektor pertambangan, setelah sebelumnya izin diperketat dan diseleksi secara teliti hingga ratusan permohonan izin usaha masih harus mengantre.

Pemprov melalui Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Jateng melakukan langkah pengetatat pengajuan izin operasional pertambangan, sebagai upaya untuk lebih menertibkan perizinan sektor itu.

Kepala Dinas ESDM Jateng, Teguh Dwi Paryono mengatakan pengusaha yang mengajukan izin harus sesuai prosedur dan semua persyaratan lengkap, pasti proses realisasinnya cepat, mengingat selama ini banyak pengajuan izin tidak lengkap.

Menurutnya, sejak dilimpahkan kewenangan pemberian izin tambang dati Kementerian ESDM ke provinsi, mendorong pemberian izin harus dilakukan secara teliti.

“Masih banyak pengusaha yang tidak memiliki izin lingkungan baik dari pemerintah daerah maupun dari masyarakat sekitar, sehingga tidak sedikit yang kasus konflik sesama pengusaha tambang, yang mengklaim sama-sama sudah mengantongi izin,” ujarnya, Selasa. (31/50

Setelah di teliti, lanjutnya, di lapangan ternyata masyarakat banyak yang menentang, terutama masalah dampak lingkungan dan sosialnya kepada investor yang akan melakukan penambangan.

Dia mengatakan di Kota Semarang misalnya, dari lima izin pertambangan yang diajukan  hanya disetujui untuk tiga titik, meski dengan izin operasional penataan bukan aktifitas menambang.

“Sementara di kawasan Merapi, Magelang dari 22 permintaan izin baru dua yang disetuji izin operasionalnya, karena untuk aktifitas pertambangan tidak hanya lingkungan tapi harus memperhatikan pencadangan wilayah di lokasi tersebut,” tuturnya.

Di wilayah Jateng, dia menambahkan saatni teerdapat klahan penambangan seluas 950 hektare diekathui illegal dan telah ditertibkan seluas 850 hektare.

120
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>