Sebarkan berita ini:

9-Gelombang1SEMARANG[SemarangPedia] – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mulai membantu menangani warga yang terkena musibah bencana gelombang laut yang menerjang pemukiman di pesisir Jateng Selatan yang terjadi beberapa waktu lalu.

Gelombang laut setinggi delapan meter menerjang di sepanjang pesisir selatan Jateng meliputi daerah Purworejo hingga Cilacap meluluhlantakan fasilitas umum dan pemukiman warga yang terjadi pada Rabu (8/6).

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan saat ini BPBD di wilayah yang terkena terjangan gelombang tinggi telah melakukan tugasnya dengan baik dan lembaga itu menerjunkan semua personel di lokasi kejadian.

“Kalau BPBD setempat tidak mampu menangani, pemerintah propinsi segera menerjunkan bantuan ke lokasi bencana,” ujarnya usai sidang paripurna DPRD Jateng di gedung Berlian, Jalan Pahlawan Semarang, Kamis (9/6).

Terkait kerusakan dan nasib pengungsi, lanjutnya, Pemerintah Propinsi Jawa Tengah akan memberikan bantuan sesuai kebutuhan.

“Kita ada anggaran tidak terduga untuk penanganan bencana. Kalau daerah yang terkena bencana itu menyampaikan permintaan bantuan dana, Pemprov segera mengeluarkan dana itu,” tuturnya.

Seperti diketahui, gelombang setinggi delapan meter di pesisir selatan Jawa Tengah yang terjadi Rabu (8/6) pagi, menimbulkan banjir rob yang memasuki ke pemukiman warga yang dekat dengan pantai.

Bencana itu telah menakibakan ribuan orang di wilayah yang terkena luapan air laut itu terpaksa mengungsi. Selain dampak dari bencana juga menyebabkan ribuan nelayan di pesisir pantai selatan tidak dapat melaut. (RS)

 

80
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>