Sebarkan berita ini:

28-Mudik Gratis JatengSEMARANG[SemarangPedia] – Warga asal Jawa Tengah yang merantau di Jakarta dan sekitarnya akan mendapatkan pelayanan mudik gratis ke berbagai Kabupaten/Kota. Pemprov Jawa Tengah menyediakan puluhan armada bus dan rangkaian kereta api yang siap mengantarkan puluhan ribu penumpang, sekaligus mengangkut sepeda motor pemudik sampai ke kampung halaman mereka.

“Kamis (30/6) saya melepas bus mudik gratis, kemudian Sabtu melepas pemudik yang naik kereta api. Mudik Gratis kereta api ini tahun kedua,” ujar Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Semarang, Selasa (28/6).

Menurutnya, program mudik gratis tahun ini, pemprov menyediakan sebanyak 47 unit bus, kabupaten dan kota se-Jateng 81 unit, Bank Jateng, serta satu rangkaian kereta api jalur utara dan selatan, dengan kapasitas masing-masing 608 tempat duduk.

Selain itu, lanjutnya, Kementerian Perhubungan juga menyiapkan satu rangkaian KA Kertajaya dan KA Kutojaya Utara. Dinas Perhubungan pun menyediakan armada truk, khusus untuk mengangkut sepeda motor pemudik.

Ganjar  meminta supaya pemudik tidak mengendarai sepeda motornya sampai ke kampung halaman. Bagi yang ingin membawa sepeda motornya, lebih baik diangkut dengan kereta atau truk sebagai upaya mencegah berbagai kemungkinan buruk di jalan raya.

Motore diunggahno (Motornya dinaikkan) ke truk atau kereta wae, karena kalau dikendarai sampai kampung halaman risikonya tinggi. Kalau pun tetap naik sepeda motor, sebaiknya berkelompok agar mudah dikendalikan dan bisa dikawal. Selain itu kondisi motor harus waras, badan sehat, surat-surat lengkap, dan mematuhi tata tertib lalu lintas,” tuturnya. (RS)

 

120
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>