Sebarkan berita ini:

30-Pemudik mobilSEMARANG[SemarangPedia] – Pemudik yang akan memasuki wilayah Jawa Tengah pada Lebaran tahun ini diprediksi mengalami kenaikan sekitar 5,5% dari Lebaran 2015, menyusul selesainya dibangun kualitas jalan dan akses jalan yang semakin baik.

Sekda Jateng Sri Puryono mengatakan peningkatan pemudik yang memasuki wilayah Jawa itu, karena adanya beberapa faktor, di antaranya selesainya dibangun sebagian infrastruktur yang menjadikan kualitas jalan dan akses jalan yang semakin baik.

Selain itu, lanjutnya, juga membaiknya moda transportasi  dan ekonomi masyarakat dibanding tahun-tahun sbelumnya.

“Jika Lebaran 2015 jumlah pemudik hanya sebanya 6,28 juta orang, pada Lebaran tahun ini pemudik diperkirakan naik menjadi sebanyak 6,657 juta, mengalami kenaikan 5,5%,” ujarnya saat pemaparan Rakor Ekuinda, dalam rangka menghadapi Radhan dan Lebaran 2016, di gedung Gradhika Bakti Praja, Senin (30/5).

Menurutnya, Pemudik yang datanag maupun melintas di wilayah Jawa Tengah baik melalui jalur pantai utara (Pantura) dan jalur pantai Selatan (pansela) bakal naik dari Lebaran tahun lalu.

Pada umumnya, dia menambahkan untuk jalur pantura, pemudik sebagian besar akan menggunakan moda transportasi mobil pribadi, bus dan sepeda motor.

“Dari 2,53 juta pemudik lewat jalur Pantura itu, sebanyak 420.000 di antaranya menggunakan mobil pribadi, sebanyak 1,28 juta menggunakan angkutan 30.000 bus, 1,51 juta orang lainnya  menggunakan 760.000 sepeda motor,” tuturnya.

Sementara untuk jalur pansela, akan dilintasi sebanyak 1,11 juta pemudik dan pada jalur pantai selatan itu diperkirakan bakal dilintasi 70.000 mobil pribadi, 10.000 bus dan 50.000 sepeda motor.

Dia mengatakan selain moda transportasi tersebut, para pemudik akan menggunakan kereta api dan penerbanagan pesawat. (RS)

72
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>