Sebarkan berita ini:

24-KM KalimutuSEMARANG[SemarangPedia] – Arus mudik Lebaran yang menggunakan angkutan kapal laut dan penerbangan sudah mulai terlihat di Pelabuhan Tanjung Emas dan Bandara Ahmad Yani Semarang Jumat Siang. (24/6)

Di Terminal Pelabuhan Tanjung Emas sebanyak 1.458 pemudik dengan kapal penumpang Kalimutu mulai tiba, mereka kemudian melanjutkan perjalanan pulang ke halamannya masing-masing dengan tujuan Wonosobo, Wonogiri, Solo, Banyumas dan daearah lainnya.

Kapal Kelimutu milik PT Pelni itu merapat di Tanjung Emas pada pukuk 13.00 WIB setelah melakukan pelayaran dari Sampit dan Kalimantan Barat.

Menurut beberapa penumpang, kondisi di dalam kapal nyaman dan aman, bahkan selama pelayaran tidak ada kendala yang berarti, meski gelombang laut masih mengkhawatirkan pada cuaca saat ini.

Kapal Kelimutu ini merupakan kapal kedua yang tiba di Pelabuhan Tanjung Emas mengangkut penumpang, dari sebelumnya, kapal penumpang Egon yang mengangkut 633 orang dengan tujuan awal Kumai sudah merapat lebih dulu.

“Kondisi di dalam kapal nyaman, bahkan tarif angkutan kapal pun normal tidak ada kenaikan,” ujar Suratman salah seorang penumpang km Kalimutu.

Sementara itu, jumlah pemudik yang menggunakan penerbangan juga sudah banyak yang mendarat di Bandara Internasional A Yani Semarang, dIbanding hari-hari sebelumnya masih sepi.

General Affair and Communication Section Head PT Angkasa Pura I Bandara A Yani Anom Fitranggono mengatakan banyak pemudik yang sudah mulai memenuhi terminal kedatangan.

“Mulai hari ini sudah mulai terasa lonjakan penumpang, terutama pemudik dari luar Pulau Jawa, baik Kalimantan maupun lainnya, sedangkan pemudik dari Jakarta, bandung dan Surabaya belum terlihat meningkat,” tuturnya.

Dia memprediksikan lonjakan penumpang arus mudik akan terjadi pada H -3 dan H -4, sedangkan untuk arus balik bakal terlihat pada H +4 dan H +5 atau Sabtu dan Minggu setelah Lebaran.

Saat ini, lanjutnya, masih sudah ada lima airline dengan 59 penerbangan yang mengajukan penerbangan tambahan pada saat arus mudik dan balik.

Slot time akan kami tempatkan pada saat parking line Bandara A Yani kosong, bisa pada pagi, siang atau malam. Jam operasional Bandara tidak berubah saat arus mudik dan balik, yaitu pukul 06.00 WIB sampai dengan pukul 21.00 WIB,” ujarnya.

124
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>