Sebarkan berita ini:

29-tol-pejagan1SEMARANG[SemarangPedia] – Jalur tol Pejagan dan Brebes yang diprediksi akan terjadi penumpukan kendaraan bermotor terutama di exit pintu tol Brebes Timur, sehingga akan diberlakukan sistem buka tutup.

Sementara kendaraan pemudik dari arah Jakarta dan beberapa kota di Jawa Barat mulai ramai melintas di Tol Pejagan-Brebes Timur sejak Rabu pagi. (29/6).

Bahkan, di gerbang tol Brebes Timur sempat terjadi antrean kendaraan pemudik yang sebagian besar mobil pribadi, hingga mencapai satu kilometer. Antrean terjadi karena kendaraan yang mau keluar tol harus antre di loket pembayaran.

Di simpang tiga jalur pantura dan exit tol Brebes Timur di Desa Banjaranya, Kecamatan Brebes, kendaraan pemudik juga mulai ramai melintas sejak pagi sekitar pukul 07.00 WIB. Hingga siang jumlahnya meningkat dan sempat terjadi iring-iringan kendaraan pemudik saat akan masuk jalur pantura menuju Kota Tegal.

Manajemen rekayasa jalan itu akan diterapkan setiap 4 kilometer terjadi kemacetan sepanjang Pantura Brebes-Tegal.

“Bila antrean di pintu tol Brebes Timur mencapai empat kilometer, maka akan dilakukan buka tutup tol Pejagan-Brebes Timur, dan pantura Kaligangsa sampai simpang Maya Tegal diatur 3-1,” ujar Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Rabu (29/6).

Dengan beroperasinya tol Pejagan-Brebes, lanjutnya, diprediksi berimbas pada penumpukan kendaraan bermotor di daerah Kabupaten Brebes-Tegal.

Secara teknis, petugas berencana menerapakan manajemen lalu lintas di exit tol Pejagan – Brebes Timur. Bila antrean sepanjang 4 kilometer terjadi di Brebes Barat, maka sebagian pemudik akan dikeluarkan ke jalan pantura. Sedangkan jika kendaraan menumpuk di pintu tol Pejagan, pemudik dipandu keluar arah pantura melalui tol Kanci.

“Selain itu, pintu tol exit Brebes Timur yang pada waktu normal dibuka empat pintu, saat arus mudik dan balik dibuka delapan pintu,” tuturnya.

Ganjar menghimbau  pemudik tidak menggunakan sepeda motor saat melakukan ‘ritual’ tahunan tersebut. Menurutnya, kendaraan roda dua hanya cocok untuk jarak dekat. Terkecuali memang terpaksa agar warga mengangkut kendaraan menggunakan moda transportasi umum.

Sementara di ruas pantura Kota Brebes, kondisinya masih terpantau normal. Setelah tol Pejagan-Brebes Timur dibuka, kendaraan pemudik khususnya mobil pribadi, sebagian  melalui jalur tol tersebut.

“Hari ini, kendaraan pemudik sudah mulai dirasakan ramai melintas tol Pejagan-Brebes Timur. Tadi sekitar pukul 10.00 WIB bertambah ramai, sehingga kami harus mengaturnya bagi kendaraan pemudik yang mau masuk ke jalur pantura,” ujar Lukas Sigit, salah seorang petugas di Pospam Exit Tol Brebes Timur. (RS)

 

 

282
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>