Sebarkan berita ini:

28-Mudik Tj EmasSEMARANG[SemarangPedia] – Sebanyak 1.743 pemudik mulai tiba lagi di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang setelah melakukan pelayaran dari Sampit Kalimantan Tengah sekitar pukul 09.30 WIB. Mereka berangkat dari pelabuhan Sampit pada Senin (27/6), dini hari memakai KM Binaiya.

Pemudik yang menggunakan KM Binaiya merupakan kapal penumpang ketiga yang tiba di Tanjung Emas dari sebelumnya lebih dulu merapat Kapal KM Kelimutu membawa 1.458 penumpang dan KM Egon yang mengangkut 633 orang.

Penumpang kapal didominasi dari pekerja pertanian di sektor perkebunan sawit, tambang batu bara dan pekerja informal dari Kalimantan itu, mereka terus melanjukan perjalanan ke kampong halamannya.

Abdul Ghofar, pemudik asal Bontang memilih mudik lebih awal agar terhindar dari penumpukan arus mudik saat arus Lebaran. Selain, mengantisipasi kenaikan harga tiket kapal.

“Pengalaman tahun-tahun sebelumnya, kalau mendekati Lebaran susah mendapat tiket dan menunggu lama di dermaga,” ujarnya, Selasa (28/6).

Dia menuturkan memilih jalur Sampit memudahkan pelayanan mudik lebih cepat. Disamping secara ekonomis lebih menjangkau.

Sementara, Manager Operasional PT Pelni Semarang Johanes Wahyu mengatakan gelombang arus pemudik mulai berdatangan di Tanjung Emas sejak H-10. Lonjakan penumpang kapal naik 15% dari hari biasanya.

“Peningkatan sudah terasa sejak H-10 dan setiap harinya penumpang kapal di sini naik 10%-15%,” tuturnya.

Sesuai jadwal KM Engon bakal membawa lagi 700 penumpang sekitar pukul 11.30 WIB. Pemudik berasal dari Kabupaten Kumai Kalteng menuju Semarang, dengan membawa kendaraan dan logistik.

Sebelumnya KM Kalimutu milik PT Pelni telah membawa sebanyak 1.458 pemudik, mereka kemudian melanjutkan perjalanan pulang ke halamannya masing-masing dengan tujuan Wonosobo, Wonogiri, Solo, Banyumas dan daearah lainnya. (RS)

70
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>