Sebarkan berita ini:

22-Rob Semarang1SEMARANG[SemarangPedia] – Berjibaku dengan air rob, masih terus dilakukan oleh warga Mlatiharjo, Kampung Rejoleksono, Kota Semarang. Mereka sudah berbulan-bulan harus hidup dengan air rob yang menggenangi pemukiman tempat tinggalnya.

Seperti yang dialami Sri Sugiarti, warga RT 1/ RW 1, Rejoleksono, Kelurahan, Mlatiharjo, Kecamatan Semarang Timur ini, sudah berbulan-bulan harus hidup dengan air rob dalam rumahnya. Bahkan sebagian halaman rumahnya sudah tidak lagi dapat digunakan selalu terendam air rob.

“Sudah dua bulan ini tergenang rob, kalau sebelumnya cepat hilang, tidak seperti sekarang lama surutnya,” ujarnya, Jumat. (22/7)

Menurutnya, peninggian jalan yang dilakukan pemkot, justru membuat rumahnya tergenang air rob semakin dalam,  karena mereka tidak mempunyai biaya untuk meninggikan rumahnya menyesuaikan peninggian jalan.

“Air rob juga masuk kedalam kamar, tidur dan ruang makan, bahkan sudah menjadi temani rob bertahun-tahun, “ tuturnya.

Warga  mengharapkan pemerintah tidak hanya meninggikan jalan, namun penebalan tanggul di Kali Banger dan Kali Banjir Kanal Timur juga seharusnya dilakukan, mengingat tanggul yang sekarang sudah terhitung tipis dan mudah ambrol.

Selain itu, dia menambahkan pengerukan kali untuk normalisasi harus segera dituntaskan Pemerintah, sebagai upaya agar air tidak meluap keluar sungai jika banjir besar datang menerjang.

Daud Teguh Pujiono warga lainnya menuturkan hingga saat ini sudah sekitar 115 rumah yang mengalami nasib seperti rumah Sri Sugiarti itu, bahkan semakin banyak jika terhitung dengan warga diluar kampungnya yang mengalami nasib serupa.

“Sebenarnya pengajuan bantuan penanganan sudah dilakukannya, namun belum juga ada tanggapan ,” ujarnya

Miris memang melihat kondisi rumah warga yang terendam rob, berbagai penyakit mudah menyerang warga yang harus hidup dengan genangan air di rumah mereka. Penyakit kulit dan paru paru kerap mereka derita akibat rob yang masuk ke dalam rumah.(HN/RS)

272
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>