Sebarkan berita ini:

19-kpid-jatengSEMARANG[SemarangPedia]-  Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa Tengah segera membuka pendaftaran baru bagi anggota untuk periode 2016-2020 mulai 26 September mendatang.

Masyarakat yang berminat untuk menjadi anggota KPID periode 2016-2020 bisa segera memanfaatkan kesempatan itu. Tahapan proses rekruitmen anggota KPID Jateng terungkap dalam rapat konsultasi tim seleksi (timsel) komisioner penyiaran di Komisi A DPRD Jawa Tengah, Senin. (19/9)

Ketua Timsel KPID, KH Ahmad Darodji mengatakan tahapan proses rekruitmen sudah disusun dan diharapkan dapat berjalan sesuai rencana yang diharapkan.

“Timsel sudah menyusun tahapan rekruitmen dan diharapkan adanya masukan dari Komisi A DPRD Jateng, sebagai upaya untuk lebih memperlancar pelaksanaan kegiatan itu,” ujarnya.

Menurutnya, selain pendaftaran, tahapan lain yang dikonsultasikan di antaranya pengumuman hasil seleksi administrasi pada 27 Oktober, tes tertulis 31 Oktober, tes psikologi 10-11 November, tes wawancara pada 24-25 November.

Setelah itu, lanjutnya, dilakukan konsultasi kepada DPRD pada 30 November, disusul uji kelayakan dan kepatuhan oleh DPRD, uji publik, dan penyerahan 14 calon anggota KPID kepada Gubernur Jateng, dan akan ditetapkan tujuh nama sebagai anggota KPID Jateng periode 2016-2020.

KH Ahmad Darodji yang didampingi Timsel di antaranya Kepala Biro Organisasi dan Kepegawaian Setda Provinsi Jateng Sudaryanto, Ketua PWI Jateng Amir Machmud, dari LSM Pattiro Semarang R Widi Nugroho dan Bonaventura Sulistiana.

Wakil Ketua DPRD Jateng, Ferri Wawan Cahyono yang hadir dalam forum mengharapkan Timsel benar-benar bekerja profesional, agar menghasilkan komisioner yang mengerti tentang marwah penyiaran.

Sesuai tujuannya, dia menambahkan KPID membentuk karakter generasi muda, mencerdaskan kehidupan masyarakat dan memberi pendidian politik.

“Frekuensi merupakan milik publik dan sumberdaya alam yang terbatas, sehingga harus betul-betul ditangani dengan baik dan dilakukan dengan penuh tanggungjawab,” tuturnya.

Politikus Partai Golkar itu juga meminta agar dalam proses penjaringan calon anggota KPID Jateng, ke depan dilakukan dengan terbuka, akuntabel, adil, bersungguh-sungguh, dan mempertimbangkan aspek keberagaman. Selain itu juga dilaksanakan tepat waktu.

Menurutnya, masih ada yang perlu dikembangkan oleh KPID Jateng ke depan, selain benar-benar mampu mengontrol penyiaran sesuai fungsinya yang diatur dalam Undang Undang (UU) 32 tahun 2002 tentang penyiaran, juga harus mampu mengembangkan industri penyiaran di Jateng. (RS)

499
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>