Sebarkan berita ini:

DEMAK[SemarangPedia] – Sebagai pihak pertama yang berkesempatan membentuk karakter anak yang sedang belajar di lembaga pendidikan Taman Kanak-Kanak (TK), para pengajar TK dituntut untuk berkreasi dan berinovasi, sehingga anak didiknya tidak terampas hak bermainnya.

Bupati Demak, HM Natsir mengatakan guru yang kreatif akan terus berupaya mencari dan menerapkan strategi agar proses pembelajaran bisa berlangsung dengan baik, sehingga peserta didik merasa ceria, tidak tertekan atau bosan.

“Masa kanak-kanak itu masa bermain, jadi para peserta didik di lembaga pendidikan TK harus diberi kesempatan untuk bisa bermain, karena bermain itu menjadi haknya jangan sampai dirampas dengan alasan apapun,” ujarnya saat memberikan materi dalam Pelatihan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Guru-Guru TK, di aula DPD II PGRI Kabupaten Demak, Selasa (13/3).

Menurutnya, salah satu tuntutan  inovasi dan kreativitas itu adalah bagaimana memadukan materi ajar yang dikemas menjadi sebuah kegiatan yang menarik hingga dapat diterima dalam suasana anak-anak yang tengah melakukan kegiatan bermain.

Membentuk karakter, lanjutnya, anak sebenarnya tidak begitu sulit. Mater-materi keteladanan dari para pendidik berperilaku merupakan modal utama, karena anak-anak pada usia ini mudah sekali mencontoh dari apa yang dilihat dan dirasakan.

Dengan demikian, dia menambahkan para guru TK harus pandai-pandai mengembangkan kreativitas melalui pemanfaataan kemampuan yang dimilikinya dipadukan dengan lingkungan yang ada disekitarnya.

Jika hal ini bisa direalisasikan, menurutnya, upaya untuk meletakkan dasar-dasar pendidikan karakter pada diri anak-anak seusia TK se-Kabupaten Demak dapat memenuhi harapan yang diinginkan. Bahkan pembinaan karakter pada jenjang berikutnya menjadi tanggung jawab guru sekolah dasar dan menengah serta para orang tua.

Kepala Bidang Guru TK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Demak, Sapon S.Pd, M.Pd  menuturkan kegiatan ini merupakan pengembangan kompetensi guru-guru TK di Kabupaten Demak yang dilaksanakan untuk memenuhi tuntutan dan kebutuhan.

Kegiatan itu dijadwalkan, akan dilaksanakan terus dan bertahap hingga seluruh guru TK se- Kabupaten Demak berkesempatan mengikuti kegiatan ini. Penyelenggaraan kali ini berlangsung selama tiga hari mulai13 hingga 15 Maret 2018. (RS)

14
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>