Sebarkan berita ini:

potensi-minimarketSEMARANG [SemarangPedia] – Menjamurnya pendirian minimarket atau toko modern di kota semarang dikhawatirkan akan menggeser keberlangsungan pasar modern. Oleh karena itu pemkot semarang akan membatasi pendiriannya karena saat ini telah melebihi jumlah kuota.

Hal ini terungkap dalam rapat pansus toko modern di gedung DPRD Kota Semarang kamis 31 Maret 2016 lalu. Menurut data yang disampaikan kalangan DPRD Kota Semarang,  jumlah toko modern di kota semarang kini telah mencapai 560 unit minimarket.

Hal tersebut membuat Anggota DPRD Kota Semarang akan mengkaji kembali masalah perijinan pembangunan minimarket, zonasi dan penyebaran toko modern di setiap kecamatan.

“Dari 560 unit minimarket yang berdiri di kota semarang, hanya 100 unit yang telah memiliki ijin selebihnya mereka hanya memiliki izin mendirikan bangunan (imb) saja dan tidak memiliki izin gangguan (ho)”, kata Ketua Komisi B Mualim.

“Pembatasan ini sekaligus sebagai upaya proteksi terhadap pasar maupun kios tradisional  agar tetap mampu bersaing dengan minimarket Seperti yang tertera pada peraturan wali kota semarang no 5 tahun 2015”, katanya.

Mualim menabahkan , selain melakukan pembatasan jumlah minimarket di setiap daerah, juga membatasi jarak paling dekat untuk berdirinya sebuah minimarket adalah 500 meter dari pasar tradisional.

Menurut data di kota semarang sendiri kuota pendirian minimarket termasuk cukup banyak, yaitu 529 unit namun realitanya sudah melebihi.

“Selain melaksanakan kajian kembali tentang perwal tentang pendirian minimarket, pihaknya dalam waktu dekat ini akan melakukan sidak di toko modern, agar bisa mengetahui sejauh mana peraturan itu diterapkan di lapangan”, ungkap Mualim.

“Hal ini dilakukan dalam upaya untuk melindungi toko-toko tradisonal atau pasar tradisional yang kian hari terdesak oleh minimarket yang makin menjamur di kota semarang”, katanya.(EB/ARI)

238
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>