Sebarkan berita ini:
Ilustrasi
Ilustrasi

SEMARANG[SemarangPedia] –  Besarnya pengaruh hedonisme ditengah derasnya arus informasi saat ini mempengaruhi anggapan masyarakat kesuksesan dinilai dari materi, sehingga peran orangtua sangat besar untuk membendung pengaruh tersebut dengan meningkatkan kebersamaan dan kualitas pertemuan keluarga yang muaranya pada rasa cinta kasih.

Ketua Koalisi Kependudukan Jawa Tengah Saratri Wilonoyudho mengatakan pengaruh hedonisme, membuat masyarakat cenderung menganggap kesuksesan dinilai dari materi.

Menurutnya, pengaruh hedonisme di mana materialisme sudah menguasai masyarakat melalui televisi, tayangan sinetron, iklan, dan sebagainya, mempengaruhi anggapan masyarakat kesuksesan identik dengan kelebihan materi.

“Kondisi itu, mengakibatkan, mereka berlomba-lomba mencari uang dan mengejar karier, meski harus mengorbankan waktu bersama keluarga,” ujarnya, di Semarang.

Sedangkan, lanjutnya, kebersamaan dengan keluarga dapat menimbulkan rasa cinta. Dimana kebersamaan dalam keluarga merupakan kunci memelihara cinta, karena ada kehadiran fisik dan psikologis.

“Kebersamaan dalam keluarga ada kehadiran fisik salah satu kunci memelihara rasa cinta,” tuturnya.

Semangat kebersamaan, dia menambahkan lebih terpatri jika diajarkan pada anak sejak usia dini. Selain peran orangtua terutama ibu memiliki peran penting.

“Misalnya, sejak kecil anak dibiasakan untuk makan bersama, berdialog dengan orang tua, yang nantinya kebiasaan itu terus dibawa sampai dia remaja dan dewasa. Peran ibu sangat penting dalam membangun komunikasi dan kebersamaan dalam keluarga,” paparnya. (RS)

77
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>