Sebarkan berita ini:

23-poltabesSEMARANG[SemarangPedia] – Status Kota Semarang sebagai wilayah darurat narkoba sepertinya bukan isapan jempol belaka, karena terbukti jumlah pengedar maupun pemakai narkoba yang berhasil ditangkap di Kota Semarang meningkat.

Hampir 50% dari seluruh tahanan di Polrestabes Semarang merupakan tahanan yang tersandung atas kasus penyalahgunaan narkoba. Ini terbukti masih maraknya peredaran narkoba di Jawa Tengah, khususnya di wilayah hukum Polrestabes Semarang.

Tercatat dalam tiga bulan terakhir ini, Satuan Resnarkoba Polrestabes Semarang berhasil menangkap 66 tersangka kasus narkoba. Bahkan hampir setengah dari seluruh tahanan yang ada di Kepolisian Resor Kota Besar Semarang merupakan tahanan yang tersandung atas kasus penyalahgunaan narkoba.

Banyaknya Kasus Narkoba di wilayah Hukum Polrestabes Semarang yang berhasil diungkap mendapat perhatian khusus Mabes Polri, Inspektur Pengawasan Umum, Irwasum Mabes Polri Komjen Dwi Priyatno yang melakukan pengecekan tahanan Mapolrestabes Semarang.

Tidak hanya masyarakat, Komjen Dwi Prayitno akan menindak lanjuti oknum  anggota Polri yang terlibat kasus narkoba dengan mentindak tegas, bahkan sanksi terberat akan diambil jika terbukti bersalah bisa saja di pecat atau pemberhentian tidak hormat”

“Dalam lima tahun terakhir sudah ada 126 anggota Polri yang sudah diberhentikan karena terlibat kasus narkoba” tuturnya.

Komjen Dwi Prayitno berharap kepada jajaran Mabes Polri yang berada di daerah-daerah baik mulai dari Kapolda, Kapolres, Kapolrestabes hingga di level Kapolsek untuk menindak tegas para pelaku baik pengkonsumsi, pengedar maupun bandar narkoba.

Diketahui untuk kapasitas ruang tahanan mapolrestabes semarang hanya 60 orang, namun saat ini  untuk jumlah total tahanan polrestabes semarang mencapai  124 orang. 34  tahanan dititipkan di lembaga pemasyarakatan, 90 orang berada didalam, 47 di antaranya merupakan tahanan yang terjerat kasus narkoba.

Berdasarkan data di satuan resnarkoba Polrestabes Semarang, jumlah tersangka kasus narkoba mengalami peningkatan. Hngga periode Januari-September, setidaknya ada 121 orang yang ditangkap atas kasus narkoba. Jumlah sebanyak itu mengalami peningkatan dibanding tahun sebelumnya hanya terdapat 110 tersangka kasus narkoba yang berhasil ditangkap. (HN/RS)

 

275
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>