Sebarkan berita ini:

SEMARANG[SemarangPedia] – Pengerjaan ruas tol Semarang-Solo seksi III ruas Bawen-Salatiga yang hampir 100% rampung, sementara tol Pejagan-Batang mulai dilapisi beton LC setebal 10 sentimeter.

Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah Sri Puryono mengatakan ruas tol Semarang- Bawen kini hampir selesai 100% dan pengerjaan terus dikebut, sehingga pada Lebaran mendatang bisa dioperasikan sehingga dapat dilalui para pemudik.

PT Trans Marga Jateng (TMJ) selaku pengelola diminta agar pengerjaan tanah di seksi III ruas Bawen-Salatiga itu tuntas sesuai target.

Menurutnya, jika percepatan pengerjaan seksi III Bawen-Salatiga dapat selesai Mei mendatang maka dapat digunakan para pemudik saat Lebaran mendatang.

“Kalau tinjauan di Tuntang sudah oke, (kendaraan pribadi) sudah bisa lewat. Satu kilometer (pengerjaan tanah) sudah hampir jadi, tinggal 800 meter yang kita tinjau tadi. Yang tinggi itu 500 meternya dikeruk. Yang 300 meter itu legok ditimbun, jadi cut and fill. Targetnya Mei mendatang selesai, sehingga Lebaran sudah bisa difungsikan,” ujarnya, di Semarang.

Project Manager Tol Semarang-Solo seksi III Bawen-Salatiga PT Trans Marga Jateng Indriyono menuturkan hingga saat ini  masih terdapat perbukitan sepanjang 1,8 kilometer tengah dikebut pengerjaannya.

Dengan demikian, lanjutnya, secara keseluruhan, pengerjaan tanah itu ditarget selesai pada akhir Mei mendatang.

“Yang belum rampung masih pekerjaan tanah 1,8 kilometer. Kita targetkan satu kilometer rampung April ini. Tinggal 800 meter pekerjaan tanah dan diharapkan pada pertengahan Mei satu arah yang menuju Salatiga bisa kita beton,” ujarnya.

Seperti diketahui, Jalan Tol Semarang–Solo menghubungkan Kota Semarang, Salatiga, Boyolali dan Surakarta serta melewati tiga kabupaten, yaitu Kabupaten Semarang, Kabupaten Boyolali dan Kabupaten Sukoharjo.

Tol ini mulai dibangun sejak 2009 oleh Jasa Marga sepanjang 72,64 km, dan jalan tol ini merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Jawa yang menghubungkan Tol Solo-Ngawi.

Sementara Exit tol Trans Jawa di Gandulan, Beji, Pemalang diperkirakan belum bisa dilewati arus mudik Lebaran. Asisten Operasi (As Ops) Kapolri Inspektur Jenderal Polisi Unggung Cahyono telah meninjau lokasi dan memperoleh penjelasan Pimpro Pemalang Batang Tol Road (PBTR) Tri Mulyo.

Dia menuturkan pekerjaan proyek tol itu yang hingga kini masih ada beberapa ruas yang belum selesai 100%,  jalan tol Trans Jawa ruas Pejagan-Batang tetap akan difungsikan.

”Kendaraan arus mudik bisa melewati ruas jalan itu walaupun kondisinya belum sempurna. selain kondisi jalan tol Pejagan – Pemalang- Batang dan Semarang masih darurat, namun masih lebih bagus dibandingkan di Brexit pada tahun lalu,” tuturnya.

Saat ini kondisi jalan tol di Brexit masih berdebu. Sedangkan di tol Pejagan-Batang kini sudah lapisan beton LC setebal 10 sentimeter. Namun,  yang perlu diperhatikan adalah kondisi jalan masih gelap karena tidak ada penerangan.

Dengan demikian, lanjutnya, akan dilakukan upaya penerangan jalan atau penempatan petugas di jalur itu. Disamping itu petugas Polres di sepanjang pantura akan melakukan rekayasa lalu lintas.

 

 

133
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>