Sebarkan berita ini:

12-Bahasa JawaSEMARANG[SemarangPedia] – Penggunaan bahasa Jawa di kalangan masyarakat di Propinsi Jawa Tengah semakin berkurang, sehingga Pemerintah masih berkewajiban memelihara budaya bangsa.

Kepala Balai Bahasa Jawa Tengah Pardi Suratno mengatakan penggunaan bahasa daerah terutama bahasa Jjawa oleh masyarakat semakin merosot. Bahkan tidak hanya penggunaan bahasa Jawa yang mengalami kemerosotan, tetapi banyak masyarakat yang bersikap tidak sesuai dengan budaya Jawa.

“Hampir setiap kegiatan diskusi, seminar, dialog, maupun lokakarya yang membahas bahasa dan budaya daerah selalu diwarnai sikap kecewa terhadap kondisi bahasa dan budaya bangsa yang kian merosot. Seperti semakin berkurangnya masyarakat mengunakan bahasa daerah dan bersikap sesuai dengan budaya lokal,” ujarnya di Semarang.

Menurutnya, keinginan melestarikan bahasa Jawa harus dilakukan dalam dua hal sebagai pilar utama. Selain negara berkewajiban memelihara budaya bangsa, juga pemerintah provinsi, kabupaten, dan kota harus mengambil langkah yang terencana, terarah serta terukur.

“Kondisi itu, telah mendorong Pemprov Jateng telah melakukan berbagai terobosan seperti penerbitan Perda, Pergub, Surat Edaran, dan beberapa peraturan yang ditetapkan lembaga di bawahnya,” tuturnya.

Namun, dia menilai apa yang dilakukan pemerintah belum bersifat massif atau utuh. Salah satunya terkait sekolah sebagai sarana pendidikan dan pelestarian bahasa Jawa bagi generasi bangsa. Selain pengadaan guru kurang mendapat perhatian pemerintah, materi, media, dan sarana prasarana penunjang juga kurang memadai.

“Semua harus menyadari bahasa Jawa merupakan wadah budaya Jawa, sehingga suburnya pemakaian bahasa Jawa akan berdampak pada suburnya masyarakat berfikir dan berperilaku atas dasar nilai-nilai budaya Jawa. Begitu pula sebaliknya, merosotnya penggunaan bahasa daerah sebagai tanda kian merosotnya pemahaman dan perilaku atas nilai budaya,” ujarnya. (RS)

545
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>