Sebarkan berita ini:

HEND-PENJUAL BENDERA 2SEMARANG[SemarangPedia] – Menjelang perayaan memperingati Hari Kemerdekaan RI pada 17 Agustus, sejumlah pedagang bendera dan umbul umbul mulai bermunculan di Kota Semarang.

Pedagang bendera terlihat banyak bermunculan terutama di jalan-jalan protokol seperti Jln Ahmad Yani, Pandanaran, Majapahit, Sriwijaya dan lainnya, mereka menggelar bendera berbagai ukuran termasuk untuk yang di pasang di kaca mobil.

Jenis bendera beragam mulai bendera merah putih untuk dinding, bendera untuk tiang, bendera kecil untuk mobil dan marawa  atau lebih di kenal dengan sebutan umbul-umbul.

Berbeda dengan tahun – tahun sebelumnya, lapak dadakan para pedagang atribut kemerdekaan RI di sepanjang jalan Ahmad Yani Kota Semarang ramai dikerumini pembeli. Namun tahun ini masih terlihat sepi.

Dari beberapa pedagang yang mangkal di kawasan tersebut tidak terlihat adanya transaksi penjualan. Selain, dihadapkan dengan kondisi perdagangan sepi, modal para pedagang musiman juga jauh lebih besar di bandingkan tahun lalu.

Menurut Ujang penjual bendera dari Bandung menuturkan penjualan atribut – atribut peringatan HUT-RI seperti bendera atau umbul – umbul masih lesu, meskipun sudah memasuki awal Agustus.

2-Bendera“Hingga hari ini belum juga ada yang laku, bingung sih karena modal yang mereka keluarkan tahun ini jauh lebih besar, bahkan bahan dasar pembuatan bendera juga naik,” ujarnya, Selasa. (2/8)

Dia mengatakan untuk harga bendera ukuran 70X 50 centimeter yang tahun lalu hanya Rp20.000, tahun ini di jual dengan harga Rp35.000. Sedangkan untuk umbul – umbul ukuran tiga meter, mencapai harga Rp200.00 hingga Rp250.000 per lembar.

Menurut para pedagang bendera, penjualan biasanya mulai ramai sepekan sebelum peringatan HUT pada 17 Agustus mendatang. Selain menggelar lapak dadakan, tidak sedikit dari mereka yang berjualan keliling agar kerugian yang mereka tanggung tidak terlalu besar.(HN/RS)

178
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>