Sebarkan berita ini:

PEKALONGAN [SemarangPedia] – Penjualan produk melalui onlione belakangan semakin meningkat pesat, karena siapapun bisa jualan tidak harus mereka yang sudah memiliki produk.

Modal utama untuk jualan online hanya pada perangkatnya dengan bermodalkan Laptop/PC atau Smartphone, yang penting dapat mengakses internet.

Hal itu, mencuat dalam Workshop Bisnis Tips dan Tarik Pelanggan Baru yang digelar di Hotel Dafam Pekalongan, pekan lalu.

Workshoyang diselenggarakan oleh IdeA bekerja sama dengan Dinas Perdagangan dan Perindustrian UMKM Pekalongan itu menghadirkan nara sumber Internet Marketing Tommy Arno Funz.

Tommy mengatakan yang menjadi kendala dalam berjualan online di antaranya kekhawatiran  tidak mendapatkan pelanggan, meksi  teknis mencari pelanggan/konsumen secara online bisa dilakukan dengan teknis dan trik untuk mendapatkannya.

Salah satu sponsor kegiatan itu, PT TIKI dari industri jasa pengiriman yang dinilai cukup berpengalaman di bidang usaha jasa pengirminam logistik.

Perwakilan Kepala Cabang PT TIKI Pekalongan Taufiq Rahman menuturkan saat ini maraknya industri e-commerce membawa berkah bagi industri jasa pengiriman ekspres.

“Kami sampaikan acara seperti ini sangat penting diketahui oleh pelaku UMKM di Pekalongan dan kami sebagai perusahaan jasa pengiriman ekspres siap memberikan pelayanan prima untuk mengirimkan barang di seluruh Indonesia dan luar negeri,” tuturnya.

Menurutnya, dalam berjualan online harus memastikan beberapa hal yang perlu dipersiapkan di antaranya produk dan product knowladge dengan mempersiapkan produk yang akan dijual baik berupa produk barang maupun jasa.

Jika belum memiliki produk yang akan dijual, bisa menjualkan produk orang lain dan bisa mencari supplier produk di sekeliling, misal usaha milik keluarga, tetangga, teman dan lainnya.

Bahkan juga bisa mencari supplier produk melalui online. Dari supplier bisa membeli dalam jumlah tertentu terlebih dahulu atau cukup bekerja sama untuk memasarkan saja (Reseller/Dropship).

Setelah menentukan produk, dia menambahkan selanjutnya perlu penguasaan product knowladge. Misalkan spesifikasi produknya, fungsi atau manfaat produk tersebut. Apa kelebihan dan keistimewaan produk yang akan anda jual, sehingga akan memudahkan saat untuk melayani customer.

Selain itu, dengan menguasai product knowladge, akan memudahkan untuk mengetahui segmen pasarnya. Dan memudahkan membuat content promosi ke depan. (RS)

4
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>