Sebarkan berita ini:

SEMARANG[SemarangPedia] – Minat masyarakat menggunakan moda transportasi kreta api (KA) semakin meningkat, yang terlihat dari arus mudik dan Balik Lebaran mengalami kenaikan pesat.

Data PT KAI Daop 4 Semarang menyebutkan selama libur Lebaran 2019 untuk penumpang naik mengalami pertumbuhan sebesar 7% dan penumpang turun sebesar 5% dibandingkan pada tahun lalu.

Manager Humas PT KAI Daop 4 Semarang Krisbiyantoro mengatakan secara kumulatif kenaikan penumpang yang naik pada tahun ini mencapai 518.925 penumpang, sedangkan penumpang turun di seluruh stasiun yang ada di wilayah Daop 4 Semarang sebesar 542.550 penumpang.

Kenaikan itu, lanjutnya, cukup tinggi hingga mencapai  7% untuk penumpang yang naik, dan 5% penumpang yang turun dibanding liburan lebaran tahun lalu.

Menurutnya, jika dibandingkan tahun lalu pada periode masa mudik dan balik Lebaran, jumlah penumpang naik sekitar 483.637 penumpang, sedangkan untuk penumpang turun sebanyak 515.369 penumpang.

Sementara untuk puncak arus mudik yang terjadi pada Kamis (6/6) atau sehari setelah Lebaran dengan jumlah penumpang naik 29.353 penumpang. Sedangkan untuk penumpang turun mencapai 31.500 penumpang.

“Pada tahun lalu puncak arus mudik hari kedua Lebaran dengan jumlah penumpang naik hanya 26.043 dan penumpang turun 29.143 penumpang,” ujarnya.

Data puncak penumpang pada arus balik terjadi pada H+3 Lebaran atau Minggu (9/6)  jumlahnya mencapai 31.877 penumpang untuk naik dan 30.043 penumpang untuk untuk turun.

Sementara itu, Executive Vice Presiden PT KAI Daop 4 Semarang Muhammad Nurul Huda menuturkan jika kenaikan jumlah penumpang KA, akibat didorong beberapa faktor, di antaranya adanya penambahan jumlah KA dan ketersediaan tempat duduk yang dilakukan oleh KAI.

“Hal itu menunjukkan besarnya animo masyarakat menggunakan moda transportasi KA,” tuturnya.

Huda mengatakan kenaikan penumpang juga diduga akibat mahalnya tiket maskapai penerbangan sehingga banyak penumpang beralih dengan memanfaatkan kereta api. (RS)

 

10
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>