Sebarkan berita ini:

30-mensosSEMARANG[SemarangPedia] – Penyalahgunaan narkoba di kalangan generasi muda kini sudah semakin mengkhawatirkan, sehingga perlu peran semua kalangan agar narkoba tidak sampai menjadi bencana kemanusiaan.

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengatakan penyalahgunaan narkoba oleh generasi muda sudah menjadi bencana sosial di Indonesia.

Menurutnya, untuk mencegah agar tidak lebih parah lagi semua pihak harus ikut  berperan aktif  membantu mengantisipasi pencegahan peredaran narkoba di kalangan masyarakat.

“Narkotika  itu sudah bencana sosial. Jadi, kalau tidak segera mengambil langkah efektif, bisa menjadi bencana kemanusiaan,” ujar Khofifah dalam acara Pelantikan dan Rapat Kerja Wilayah Muslimat NU Jawa Tengah, di Semarang, Sabtu. (29/10).

Narkoba, lanjutnya, berdampak negatif dan merusak masa depan generasi muda saat ini, mengungat peredaran narkoba saat ini sudah mulai menjalar ke anak-anak dengan berbagai jenis yang sulit diketahui.

“Apabila anak sudah dirusak otaknya, kita susah untuk berbuat banyak. Dewasa pun ketika mereka digoda dengan narkoba, seluruh karirnya bisa langsung hancur,”  tuturnya.

Dia menuturkan untuk itu diharapkan agar kualitas generasi muda dijaga dengan menghindarkan mereka dari ancaman narkoba.

“Harua benar-benar dijaga jangan sampai mengkonsumsi narkoba, karena makanan haram itu tidak hanya merusak otak, tapi juga tubuh,” ujarnya.

Upaya menjaga generasi muda itu dia menambahkan dapat dilakukan melalui sosialisasi ke masyarakat kelas bawah.

Sosialisasi tersebut, lanjutnya, harus dilakukan  agar masyarakat kelas bawah mendapatkan pengetahuan secara komprehensif terkait bahaya dan jenis narkoba.

“Sosialisasi ni secara lebih detil kepada masyarakat di lini paling bawah, di lini bawah ini bagaimana? Ini menjadi PR di berbagai daerah yang mereka tidak tahu bagaimana merehabilitasinya,” tuturnya. (RS)

86
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>