Sebarkan berita ini:

SEMARANG[SemarangPedia] – Program penyaluran kredit  Mitra 25 produk Bank Jateng untuk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) mulai menghadapi kendala internal dan eksternal, sehingga diperlukan adanya perbaikan agar program tersebut berhasil di sejumlah kabupaten.

Ketua Komisi B DPRD Jawa Tengah M Chamim Irfani mengatakan hingga kini terdapat kendala dalam penyaluran kredit Mitra 25 kepada kalangan UMKM melalui Bank Jateng.

Kendala secara internal, lanjutnya, terkait target yang dibebankan masing-masing kantor cabang Bank Jateng di berbagai daerah yang dialokasikan Rp10 miliar, sehingga tidak semua cabang bisa mencapai target itu.

“D Salatiga misalnya, atau daerah-daerah yang memiliki wilayah kecil seperti Kota Pekalongan, Solo, Kota Tegal. Semestinya alokasinya jangan Rp10 miliar, nilai itu cukup  besar untuk daerah kecil. Keinginan kami, tidak semua daerah dialokasikan sama. Masalah ini akan kami kaji kemudian dibahas bersama dengan Bank Jateng,” ujarnya, di Semarang.

Anggota Komisi B DPRD Jawa Tengah Riyono menambahkan kendala yang dihadapi dalam penyaluran kredit Mitra 25 terkait masalah eksternal, yakni agunan atau jaminan.

Menurutnya, dari awal Bank Jateng tidak memberikan keputusan yang jelas apakah program Mitra 25 tersebut menggunakan agunan atau tidak, sehingga masyarakat atau kelompok usaha yang ditemui di lapangan kerap kali mengaku sulit mengajukan pinjaman lewat Mitra 25 di Bank Jateng karena terbentur agunan.

Padahal, dia menambahkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sejak awal menyatakan program kredit bunga 7% itu tanpa agunan.

“Saat sosialisasi pun masalah agunan tidak pernah disinggung. Semestinya, kalau program ini tidak ada agunannya, bilang saja kepada masyarakat kalau tidak ada agunannya,” tuturnya. (RS)

 

 

96
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>