Sebarkan berita ini:

8-atiqoh-ganjarSEMARANG[SemarangPedia] – Peran orangtua sangat vital dalam memantau aktivitas anak, menyusul informasi di media sosial menyangkut radikalisme semakin santer dan mudah diakses melalui perangkat pinter seperti gadget.

Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Jawa Tengah Atiqoh Ganjar Pranowo meminta kalangan orang tua untuk lebih selektif dalam memantau informasi yang bisa diakses anak-anak mereka  melalui gadget.

Menurutnya, arus informasi yang semakin deras di tengah era globalisasi, konten informasi yang bersifat positif atau negatif  semakin mudah diterima oleh masyarakat terutama kalangan remaja dan anak-anak.

“Kalau anak-anak suka browsing, suka nge-net, suka pakai media sosial, kita harus mengetahu informasi apa yang mereka cari, akses, dan download. Karena informasi yang baik maupun buruk memborbardir anak-anak sekarang. Kalau orangtua tidak bisa memfilter informasi yang bermanfaat, maka anak-anak kita bisa berbahaya,” ujarnya, di Semarang.

Dia menuturkan konten informasi terkait radikalisme seringkali dijumpai di media sosial, sehingga peran orangtua sangat penting untuk memberi pemahaman tentang nilai-nilai luhur Pancasila.

“Peran orangtua sangat vital dalam memantau aktivitas anak dalam menggunakan media sosial. Kalau tidak, dikhawatirkan mereka bisa goyah terhadap hasutan untuk mengikuti radikalisme,” tuturnya.

Terkait informasi di media sosial, dia mengharapkan agar masyarakat melakukan kroscek terlebih dulu sebelum menyebarkan informasi yang berdampak negatif terhadap masyarakat.

“Apabila terdapat informasi yang belum jelas kebenarannya di media sosial, masyarakat hendaknya tidak segera menyebarluaskan informasi tersebut kepada rekan-rekannya. Tetapi mengkonfirmasi terlebih dahulu apakah informasi itu fakta?,” ujarnya. (RS)

86
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>